17 Tahun KBB Berdiri, Mantan Wakil Bupati Yayat Soemitra Ingatkan 3 Hal Ini

Yayat Soemitra KBB
Wakil Bupati KBB Periode 2013-2018 Yayat T Soemitra (kiri) bersama pendiri KBB dan Wakil Ketua DPRD KBB dari Fraksi Golkar Ayi Sudrajat saat menghadiri HUT ke-17 KBB, Rabu 19 Juni 2024. (Foto: Istimewa)

HALOJABAR.COM – Wakil Bupati Bandung Barat periode 2013-2018 Yayat T Soemitra optimistis Kabupaten Bandung Barat (KBB) ke depan bisa lebih maju. Namun ada tiga hal yang harus diperhatikan agar persoalan yang kerap menerpa KBB bisa teratasi.

“Usia 17 tahun ini menjadi momentum KBB untuk bisa bangkit dari berbagai persoalan yang hingga kini masih menjadi pekerjaan rumah bagi pemerintah,” kata Yayat usai menghadiri HUT KBB, Rabu 19 Juni 2024.

Menurutnya, tiga hal yang harus diperhatikan adalah soal integritas, kerja keras, dan kolaborasi yang jika diimplementasikan bakal mampu mendongkrak potensi di KBB. Jika tiga hal itu bisa diterapkan tidak menutup kemungkinan KBB bakal lebih maju.

BACA JUGA: HUT ke-17 KBB, Pj Bupati Sematkan Penghargaan Satya Lencana Karya Satya kepada Tiga PNS

Menurutnya, di usianya yang kian dewasa KBB harus lebih maju dan mendongkrak berbagai potensi yang ada baik itu sumber daya manusia (SDM)nya maupun dari Sumber Daya Alamnya (SDA) yang kaya.

Sebab masih banyak potensi di KBB yang belum terangkat dan termanfaatkan dengan maksimal. Padahal, itu merupakan aset berharga yang mampu mendongkrak roda pemerintahan agar bisa berjalan dengan cepat dan dinamis.

Meski masih banyak kekurangan, Yayat pun mengapresiasi banyaknya capaian yang sudah diraih Pemkab KBB seperti Indeks Pembangunan Manusia (IPM) tahun 2023 sebesar 70,33 mengalami peningkatan 0,51 point jika dibandingkan dengan pencapaian tahun 2022 sebesar 69,82.

Salah satu prestasi lainnya adalah, KBB kembali meraih opini wajar tanpa pengecualian (WTP) dari BPK RI atas laporan keuangan pemerintah daerah tahun anggaran 2023. Namun capaian tersebut jangan sampai dijadikan sebagai barometer untuk berpuas diri.

BACA JUGA: HUT Ke-17 KBB, Pj Bupati Ade Zakir Ajak Masyarakat Bersinergi dalam Pembangunan

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News