4 Cara Menjaga Kampas Kopling Motor Agar Tetap Awet

Cara Menjaga Kampas Kopling Motor Agar Tetap Awet
Ilustrasi kopling motor. (Unsplash)

HALOJABAR.COMKampas kopling merupakan salah satu komponen vital pada motor yang berfungsi menyalurkan tenaga mesin ke roda.

Komponen ini bekerja dengan bergesekan dengan plat kopling, sehingga keausan adalah sesuatu yang tidak bisa dihindari.

Namun, dengan perawatan yang tepat, Anda bisa memperpanjang usia kampas kopling motor dan menjaga kinerjanya tetap optimal.

Berikut adalah empat tips untuk menjaga kampas kopling motor agar tetap awet dan tahan lama.

BACA JUGA: Waktu Tepat Ganti Kampas Kopling Motor Matic

1. Perhatikan Gaya Berkendara

Gaya berkendara yang kasar dapat mempercepat keausan kampas kopling. Hindari kebiasaan seperti menahan setengah kopling dalam waktu lama, terlalu sering mengganti gigi, dan menarik tuas kopling dengan kasar.

Saat berhenti di lampu merah atau dalam kemacetan, usahakan untuk mematikan mesin motor dan tidak menahan kopling. Gunakan gigi netral untuk mengunci roda belakang dan hindari kebiasaan menarik tuas kopling setengah kopling.

2. Gunakan Oli yang Tepat

Oli mesin yang berkualitas dan sesuai dengan spesifikasi motor dapat membantu menjaga kampas kopling tetap awet. Gunakan oli yang direkomendasikan oleh pabrikan motor dan lakukan pergantian oli secara rutin sesuai dengan jarak tempuh yang ditentukan.

Oli yang kotor dan kental dapat menyebabkan kampas kopling slip dan aus lebih cepat. Pastikan untuk selalu mengecek level oli mesin secara berkala dan menambahkan oli jika diperlukan.

3. Lakukan Perawatan Rutin

Perawatan rutin pada motor, terutama pada bagian kopling, sangat penting untuk menjaga kampas kopling tetap awet. Bawalah motor ke bengkel resmi atau bengkel terpercaya untuk melakukan servis berkala secara rutin.

Saat servis, mekanik akan memeriksa kondisi kampas kopling dan melakukan pembersihan serta penyetelan kopling jika diperlukan. Segera lakukan penggantian kampas kopling jika sudah menunjukkan tanda-tanda keausan, seperti kopling slip atau getaran saat kopling dilepaskan.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News