4 Gejala Awal Mobil Matic Kamu Mengalami Kerusakan

gejala mobil matic rusak
Ilustrasi mobil matic. (Unsplash)

HALOJABAR.COM – Mengemudi mobil matic dengan transmisi otomatis (AT) memang praktis dan mudah karena Anda tidak perlu repot-repot mengganti gigi secara manual, cukup gas dan rem saja.

Namun, mobil matic memerlukan perhatian ekstra dibandingkan dengan mobil bertransmisi manual. Jika sistem transmisinya mengalami kerusakan, biaya perbaikan bisa sangat mahal.

Berikut ini adalah empat gejala awal yang menunjukkan adanya masalah pada mobil matic Anda. Informasi ini sangat penting bagi Anda yang sedang mencari mobil matic bekas. Simak baik-baik!

BACA JUGA: Penyebab dan Cara Mengatasi Kunci Mobil Matic Tidak Bisa Dicabut

1. Suara Aneh Saat Memindahkan Transmisi

Jika Anda mendengar suara “krek” atau “trek” saat memindahkan transmisi dari N ke D atau P ke R, ini bisa menjadi tanda awal kerusakan pada sistem transmisi otomatis. Suara aneh tersebut menunjukkan adanya masalah yang perlu segera diperiksa.

2. Getaran Saat Dikendarai

Jika mobil Anda bergetar secara tidak biasa saat dikendarai, kemungkinan besar kampas kopling sudah aus atau bahkan gosong. Getaran ini menandakan bahwa komponen internal memerlukan perbaikan atau penggantian segera.

3. Perpindahan Transmisi Tersendat

Apabila transmisi terasa tersendat saat berpindah, banyak orang menganggapnya sebagai hal biasa. Namun, jika dibiarkan, masalah ini bisa semakin parah dan mengakibatkan gigi transmisi terkunci, yang tentu sangat berbahaya. Ini biasanya terjadi pada mode transmisi mundur (R). Periksalah kabel gearbox untuk memastikan tidak ada kerusakan atau pengelupasan.

BACA JUGA: Hindari 5 Kebiasaan Buruk Ini Saat Menggunakan Mobil Matic

4. Hentakan Saat Perpindahan Gigi Otomatis

Jika Anda merasakan hentakan seperti ditabrak dari belakang saat mobil berpindah gigi, Anda perlu waspada. Hal ini bisa menjadi indikasi awal kerusakan pada sistem elektronik atau mekanis, seperti kebocoran tekanan selenoid yang mengakibatkan oli tidak dapat melumasi dengan sempurna selama perpindahan gigi.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News