5 Cara Cegah Panel Instrumen Motor agar Tidak Cepat Kusam dan Menguning

Panel instrumen motor
Ilsutrasi motor. (Pexels)

HALOJABAR.COMPanel instrumen motor adalah salah satu komponen penting yang seringkali terabaikan oleh pemilik kendaraan.

Sebagai bagian yang menampilkan informasi vital seperti kecepatan, jarak tempuh, dan indikator bahan bakar, kebersihan dan kejernihan panel instrumen sangat penting untuk kenyamanan dan keamanan berkendara.

Paparan sinar matahari, debu, dan goresan kecil sering kali membuat panel ini menjadi kusam dan sulit terbaca. Untuk menjaga fungsionalitas dan estetika, berikut beberapa tips merawat panel instrumen motor.

BACA JUGA: Body Motor Kamu Kusam? Ini 8 Bengkel Repaint Terbaik di Kabupaten Cianjur

1. Rutin Membersihkan Panel Instrumen

Membersihkan panel instrumen secara rutin, setidaknya sekali seminggu, adalah langkah awal yang penting. Gunakan lap microfiber yang lembut untuk mengelap permukaan panel. Lap microfiber efektif mengangkat debu dan kotoran tanpa menggores permukaan. Hindari penggunaan kain kasar atau handuk biasa yang bisa meninggalkan goresan halus.

Kamu juga bisa menggunakan pembersih khusus untuk plastik atau kaca pada panel instrumen. Semprotkan pembersih secukupnya pada lap microfiber, lalu usapkan dengan lembut pada panel. Hindari bahan kimia keras seperti alkohol atau pembersih rumah tangga yang bisa merusak lapisan pelindung panel.

2. Hindari Paparan Sinar Matahari Langsung

Sinar UV dari matahari dapat membuat permukaan panel instrumen kusam. Usahakan memarkir motor di tempat yang teduh atau gunakan penutup untuk melindungi motor dari sinar matahari langsung. Sinar UV tidak hanya membuat panel instrumen kusam, tetapi juga bisa merusak komponen elektronik di dalamnya.

Untuk perlindungan tambahan, gunakan sun shade atau penutup panel instrumen saat motor diparkir di luar ruangan. Sun shade ini dapat mengurangi paparan sinar matahari langsung ke panel instrumen, sehingga mengurangi risiko kerusakan dan kusam.

3. Gunakan Lapisan Pelindung

Produk pelindung panel instrumen, seperti pelindung plastik atau film, tersedia di pasaran dan dapat dipasang untuk melindungi dari goresan, debu, dan sinar UV. Pemasangan pelindung ini mirip dengan screen protector pada ponsel dan dapat dilakukan sendiri di rumah.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News