5 Rekomendasi Aplikasi Pencari Lagu Lewat Suara

Aplikasi Pencari Lagu Lewat Suara
Aplikasi Pencari Lagu Lewat Suara. (Shazam)

HALOJABAR.COM – Seringkali kita mendengar sebuah lagu yang menarik tetapi tidak tahu judulnya. Ketika ingin mendengarkannya lagi, kita bingung karena hanya ingat melodinya.

Jadi, bagaimana caranya menemukan judul lagu hanya dengan suara? Tenang saja, ada banyak aplikasi yang bisa membantu meskipun kamu tidak tahu liriknya. Kamu cukup bergumam, dan aplikasi tersebut akan mengidentifikasi judul lagu yang kamu maksud.

Aplikasi-aplikasi ini bekerja dengan menganalisis gelombang suara yang kamu nyanyikan dan membandingkannya dengan database mereka yang memiliki bentuk gelombang serupa. Mari kita lihat beberapa aplikasi terbaik yang bisa kamu coba!

BACA JUGA: TikTok Berencana Saingi Instagram dengan Rilis Aplikasi Terbaru

1. SoundHound

SoundHound adalah salah satu aplikasi terbaik untuk menemukan judul lagu melalui suara. Kamu hanya perlu menyanyikan lagu yang ingin kamu ketahui ke speaker HP, dan aplikasi ini akan mencoba menemukan judulnya. SoundHound bekerja sangat cepat asalkan kamu menyenandungkan lagu dengan jelas. Selain itu, melalui aplikasi ini, kamu juga bisa menonton video musik dan lirik lagunya akan otomatis ditampilkan.

2. Shazam

Shazam adalah aplikasi populer yang tersedia di Android dan iOS. Siri milik Apple juga menggunakan database Shazam untuk mengidentifikasi lagu. Dengan Shazam, kamu bisa mengenali musik, menemukan lagu, dan mendapatkan liriknya sehingga kamu bisa langsung bernyanyi. Beberapa fitur menarik dari Shazam antara lain:

– Bisa berfungsi dalam keadaan offline.
– Dapat mengenali lagu yang sedang diputar di HP dengan fitur Pop Up Shazam.
– Tersedia versi ringan, Shazam Lite, yang cocok untuk perangkat dengan daya rendah tetapi tetap menggunakan algoritma pengenalan musik yang sama.

3. Musixmatch

Musixmatch tidak hanya aplikasi untuk mencari judul lagu, tetapi juga pemutar musik dengan lirik. Untuk mengidentifikasi lagu, kamu cukup mengetuk menu Identify dan tombol Musixmatch. Aplikasi ini akan mencoba mengenali musik yang sedang diputar dan menemukan lagu yang cocok. Selain itu, Musixmatch juga dapat menyinkronkan musik dan lirik secara real-time serta menawarkan terjemahan lirik ke berbagai bahasa global dan regional.

4. Genius

Genius mirip dengan Musixmatch karena fokus pada lirik lagu. Untuk mencari musik, buka aplikasi ini dan ketuk tombol pengenalan musik di pojok kanan bawah. Genius akan menampilkan daftar lagu yang paling sering diidentifikasi. Kamu bisa mengetuk salah satu lagunya untuk memutar sambil melihat lirik. Genius juga menawarkan opsi untuk mengunduh lirik atau membagikan lagu ke orang lain.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News