9 Fitur yang akan Hadir di Update iOS 18, Beberapa Mirip Android

iphone update ios 18
Ilustrasi smartphone iPhone. (Pixabay)

HALOJABAR.COM – Dalam gelaran Worldwide Developers Conference (WWDC) 2024 yang digelar di Cupertino, California, Apple secara resmi meluncurkan sistem operasi terbaru mereka, iOS 18.

iOS 18 ini diklaim semakin mirip dengan Android, terutama dari segi personalisasi.

Fitur-Fitur Baru iOS 18

1. Custom Home Screen

Salah satu pembaruan terbesar adalah kemampuan personalisasi pada home screen. Kini, pengguna dapat mengatur ulang ikon aplikasi sesuai keinginan, termasuk memindahkan posisi ikon, mengubah nuansa warna ikon dalam mode terang atau gelap, dan bahkan mendominasi satu warna tertentu. Ukuran ikon juga bisa disesuaikan.

2. Control Center

Control Center kini lebih fleksibel. Pengguna dapat memodifikasi Control Center sesuai kebutuhan, dan pengembang aplikasi juga bisa menyediakan alat khusus untuk aplikasi mereka di sana.

BACA JUGA: Daftar iPhone yang Dapatkan Update ke iOS 18

3. Lock and Hidden Apps

iOS 18 memungkinkan pengguna mengunci setiap aplikasi dengan sistem otentikasi. Selain itu, informasi tertentu bisa disembunyikan dari fitur Search dan Siri.

4. Photos

Aplikasi Photos mengalami perombakan besar. Tampilan grid foto kini ada di bagian atas aplikasi, sementara folder diatur berdasarkan tema di bagian bawah. Pengguna dapat menyortir konten visual berdasarkan bulan dan tahun serta menggunakan tombol filter untuk menyembunyikan screenshot. Fitur collections memungkinkan pencarian foto berdasarkan topik seperti waktu, orang, memori, dan perjalanan.

5. Game Mode

Apple menghadirkan Game Mode khusus yang memungkinkan iPhone meminimalisir aktivitas background untuk meningkatkan frame rate saat bermain game. Pengguna juga bisa menghubungkan AirPods dan kontroler game wireless dengan lebih mulus.

6. Messages

Tampilan aplikasi Messages dirombak dengan nuansa lebih segar. Pengguna kini dapat merespons dengan emoji, menjadwalkan pesan tertentu, dan mengubah format teks (bold, italic, underline, strikethrough). Selain itu, pengguna bisa menyorot kata atau frasa dan menggantinya dengan rekomendasi lain.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News