Agar Terhindar dari Tindak Kejahatan, Ini Beberapa Tips Aman Transaksi Online yang Harus Anda Lakukan

Tips aman transaksi online (Pixabay)
Tips aman transaksi online (Pixabay)

HALOJABAR.COM- Di zaman sekarang, kita semakin dipermudah dalam melakukan apapun. Termasuk salah satunya adalah dalam melakukan transaksi. Pasalnya, kini kita sudah bisa melakukan transaksi secara online.

Mulai dari membayar tagihan, membeli barang, atau transfer uang, kini kita sudah bisa lakukan dengan menggunakan handphone atau laptop. Meski begitu, hal tersebut juga membuat maraknya modus kejahatan dalam transaksi online. Hal tersebut biasa dikenal dengan istilah cyber crime.

Maka dari itu, Anda harus berhati-hati dalam melakukan transaksi online. Terdapat beberapa tips aman transaksi online yang harus dan bisa Anda lakukan. Dengan begitu, Anda akan aman dalam melakukan transaksi online.

Kalau begitu, apa saja tips aman transaksi online yang bisa dilakukan? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Aman Transaksi Online

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips aman transaksi online yang harus Anda lakukan.

1. Menjaga kerahasiaan data pribadi

Tips aman transaksi online yang pertama adalah Anda harus menjaga kerahasiaan data pribadi. Anda harus menghindari memberikan data pribadi seperti user ID, password, dan kode OTP kepada siapapun.

Tidak hanya itu, Anda juga jangan membagikan data pribadi seperti nomor telepon, email, dan nomor identitas di media sosial. Sebagai langkah antisipasi, ada baiknya Anda membuat password yang sulit ditebak.

2. Waspada dengan berbagai modus kejahatan transaksi digital

Agar aman dalam transaksi online, Anda harus mewaspadai berbagai modus penipuan. Cara yang bisa Anda lakukan adalah dengan menggunakan perangkat milik pribadi ketika akan melakukan transaksi online.

Selain itu, Anda juga harus memastikan untuk selalu logout ketika setelah melakukan transaksi online. Ketika akan berbelanja atau membayar tagihan, Anda harus memastikan bahwa aplikasi tersebut resmi dan berizin.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News