Begini Cara Mudah untuk Cek Ketebalan Kampas Kopling Mobil

kampas kopling mobil
Ilustrasi - kampas kopling mobil. (Pixabay)

HALOJABAR.COM – Pengecekan ketebalan kampas kopling mobil sebelum berkendara sangat penting. Kampas kopling yang sudah tipis atau aus dapat menurunkan performa mobil, mengganggu perjalanan, dan membahayakan penumpang.

Anda tidak perlu membongkar mobil untuk mengecek ketebalan kampas kopling, cukup lakukan beberapa langkah sederhana. Berikut ini cara mengecek ketebalan kampas kopling mobil yang aus.

BACA JUGA: 4 Cara Menjaga Kampas Kopling Motor Agar Tetap Awet

Fungsi Kampas Kopling Mobil

Sebelum membahas cara cek ketebalan kampas kopling mobil, mari kita pahami terlebih dahulu fungsi kampas kopling.

Menurut Auto2000, kampas kopling atau clutch disc berfungsi menyalurkan tenaga dari mesin ke transmisi mobil. Komponen ini berada di antara flywheel dan plat penekan. Ketika beroperasi, kampas kopling bergesekan dengan komponen di sekitarnya, yang menyebabkan kampas menipis seiring waktu.

Kampas kopling biasanya aus setelah tiga tahun penggunaan normal. Namun, kebiasaan mengemudi yang buruk, seperti melepaskan pedal kopling dengan kasar atau sering menggunakan setengah kopling, dapat memperpendek usia kampas kopling. Jika kampas kopling sudah habis, segera ganti dengan yang baru untuk mencegah kerusakan lebih lanjut pada komponen mobil dan menurunnya kinerja mobil.

BACA JUGA: Segini Estimasi Harga Mengganti Kampas Kopling Mobil 2024

Cara Cek Ketebalan Kampas Kopling Mobil

Berikut adalah beberapa cara sederhana untuk mengecek ketebalan kampas kopling mobil:

1. Injak Pedal Kopling

Untuk mengecek ketebalan kampas kopling, injak pedal kopling. Jika jarak injak pedal terasa lebih pendek, ini menandakan kampas kopling menipis atau bahkan sudah habis. Selain itu, posisi pedal kopling yang tiba-tiba naik atau tampak lebih tinggi juga bisa menjadi tanda kampas kopling mulai aus.

2. Injak Pedal Gas

Kampas kopling yang sudah tipis dapat mempengaruhi akselerasi mobil karena tenaga dari mesin tidak tersalurkan dengan baik. Untuk mengeceknya, injak pedal gas. Jika kecepatan mesin tidak bertambah dan justru mesin berdecit atau meraung, ini menunjukkan akselerasi lemah. Jika mobil diam saat mesin dinyalakan, itu bisa jadi tanda kampas kopling telah benar-benar habis.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News