Bukan Media Online, Studi Survei Tunjukkan TikTok Jadi Rujukan Pengguna Cari Berita

tiktok platform pencari berita
Aplikasi TikTok. (Pixabay)

HALOJABAR.COM – Selain media online, platform media sosial saat ini banyak menyuguhkan informasi berita, termasuk TikTok.

Bahkan terungkap dalam sebuah survei, kini TikTok mulai bergeser menjadi platform untuk mencari berita di dunia.

Dalam survei ini menyebutkan bahwa ternyata orang Amerika menyukai TikTok untuk mengonsumsi berita.

Melansir dari laman Android Headlines, Pew Research Center menerbitkan sebuah survei yang membahas tentang peran platform media sosial utama dalam menyampaikan berita kepada orang Amerika.

BACA JUGA: TikTok Shop Perkenalkan Fitur Pencarian Berbasis Gambar

Khususnya, survei ini mencakup data yang terkait dengan raksasa media sosial seperti Facebook, TikTok, X, dan Instagram.

Survei tersebut mengungkapkan bahwa TikTok menempati posisi kedua setelah X sebagai sumber berita harian bagi orang dewasa muda Amerika.

Berdasarkan survei tersebut, anak muda Amerika percaya bahwa TikTok memberikan mereka berita langsung yang tidak mungkin mereka temukan di tempat lain. Hal yang sama juga diakui oleh 35% pengguna aplikasi TikTok yang disurvei.

Fakta bahwa sebagian besar pengguna TikTok tidak melihat platform ini sebagai sumber berita, melainkan sebagai gerbang yang menyenangkan membuat temuan survei ini semakin menarik.

Survei ini juga mengungkapkan bahwa berita yang dikonsumsi pengguna TikTok Amerika di platform ini sebagian besar berasal dari influencer dan selebriti. Di sisi lain, pengguna X mendapatkan berita mereka dari media dan reporter.

BACA JUGA: TikTok Berencana Saingi Instagram dengan Rilis Aplikasi Terbaru

Sedangkan berita pengguna Facebook dan Instagram berasal dari teman dan keluarga mereka, atau orang lain yang mereka kenal. Perlu dicatat bahwa Facebook dan Instagram berada di belakang TikTok dalam survei ini.

Meskipun begitu, survei yang dipublikasikan ini mengisyaratkan semakin populernya TikTok sebagai sumber berita di kalangan orang Amerika.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News