“bjb
Ragam  

Cara Membuat Kartu Kuning AK-1 Kota Pasuruan

Syarat dan Prosedur Membuat Kartu Kuning AK-1 di Lumajang bagi Pencari Kerja medan
Ilustrasi. Foto: Ist/ lumajangkab.go.id

HALOJABAR.COM- Berikut informasi seputar cara dan syarat membuat kartu kuning di Kota Pasuruan, Jawa Timur.

Kartu kuning atau AK-1 (Antar Kerja) adalah kartu pencari kerja yang dikeluarkan oleh Dinas Tenaga Kerja (Disnaker) kota/kabupaten, dan menjadi salah satu persyaratan pendukung untuk melamar pekerjaan.

Kartu AK-1 dikeluarkan Disnaker di daerah masing-masing pencari kerja. Artinya, kartu kuning hanya bisa dibuat di daerah asal sesuai KTP, juga dengan tujuan agar pemerintah bisa mendata para pencari kerja.

Meski bernama kartu kuning, fisik AK-1 justru berwarna putih. Di dalamnya mencantumkan beberapa informasi tentang pemiliknya seperti nama, Nomor Induk Kependudukan (NIK), dan data kelulusan pendidikan.

Berikut informasi persyaratan dan cara membuat kartu kuning untuk pencari kerja atau AK-1, dikutip dari web Disnaker Kota Pasuruan.

Cara Membuat Kartu Kuning di Kota Pasuruan:

Persyaratan:

  • Ijazah terakhir
  • E-KTP
  • Foto formal 3×4 (2 lembar)
  • Sertifikat Kompetensi atau Pelatihan (bila ada/pernah mengikuti)
  • Surat Pengalaman Kerja (bila ada).

Baca Juga: Syarat dan Cara Membuat Kartu Kuning di Disnaker Pemalang

Pembuatan kartu AK-1 cukup mudah dengan aplikasi Sisnaker SIAPkerja, atau melalui situs https://siapkerja.kemnaker.go.id.yang sudah disediakan pemerintah.

Pencari kerja cukup daftar akun, dan isi semua kolom yang dirasa sesuai dengan data diri, namun jika mengalami kesulitan dengan pendaftaran bisa menghubungi Disnaker setempat.

Setelah terdaftar di Sisnaker, pencari kerja bisa datang ke Dinas Tenaga Kerja yang pelayanannya berada di Mal Pelayanan Publik (MPP) Kota Pasuruan untuk melanjutkan proses cetak kartu kuning.

Untuk bisa mencetak Kartu AK-1, pencari kerja atau pemohon harus membawa persyaratan sebagai bukti dan validasi dari dokumen yang sudah dicantumkan saat pendaftaran online.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News