Dinas PUTR Akui Jalan di Lokasi Wanita yang Melahirkan dan Videonya Viral, Rusak 5 Kilometer

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR), KBB, Mochamad Ridwan. (Adi Haryanto/HALOJABAR)

HALOJABAR.COM- Dinas Pekerjaan Umum dan Tata Ruang (PUTR) Kabupaten Bandung Barat atau KBB mengakui jika akses jalan di Kampung Langkob, Desa Bojongsalam, Kecamatan Rongga, kondisinya rusak.

Awalnya status jalan itu adalah jalan desa namu ditingkatkan menjadi jalan kabupaten sehingga kewenangan perbaikannya ada di Pemkab KBB. Namun untuk rencana perbaikan akan dialokasikan dari CSR proyek Upper Cisokan.

“Itu sekarang menjadi jalan kabupaten dengan kondisi rusak sepanjang 5 kilometer,” kata Kepala Dinas PUTR KBB, Mochamad Ridwan, Rabu 10 Juli 2024.

Baca Juga: Akses Jalan Rusak dan Puskesmas Jauh, Warga KBB Melahirkan di Tengah Jalan Saat Ditandu

Seperti diketahui kerusakan jalan di wilayah tersebut menjadi sorotan setelah video seorang warga yang melahirkan di tengah jalan viral di media sosial. Wanita itu bernama Dina (24) warga Kampung Langkob RT 01/04 Desa Bojongsalam, Kecamatan Rongga.

Dia melahirkan di atas tandu dari dua bilah bambu beralaskan kain sarung. Kondisi itu terjadi akibat jauhnya akses ke Puskesmas. Rekaman video memperlihatkan aksi dramatis ketika warga menolong proses kelahirannya di tengah jalan yang kondisinya rusak

Dia dikelilingi oleh warga yang berusaha menolong. Tampak seorang pria paruh baya memakai topi kopiah putih dan sorban menahan tandu dari bambu itu. Sementara warga lainnya yakni ibu-ibu dan laki-laki berusaha menolong proses lahirnya bayi tersebut.

Ridwan menjelaskan, jalan tersebut rencananya memang akan diperbaiki. Namun perbaikan tersebut menggunakan dana community development (comdev) pembangunan PLTA Upper Cisokan karena wilayah Rongga terdampak dari pembangunannya.

“Pembangunannya jalan itu bukan sama Pemkab tapi dari comdev atau CSR pembangunan Upper Cisokan,” tegasnya.

Sedangkan terkait waktu realisasinya, Ridwan menyebutkan masih menunggu hasil komunikasi antara Bagian Administrasi Pembangunan Sekretariat Daerah KBB dengan pihak PT PLN.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News