Dinyatakan Layak Konsumsi, Pemkab Kuningan Pasang 5.000 Kalung Sehat kepada Hewan Kurban

Hewan kurban
Ilustrasi kurban (Aziz Pratomo/Halojabar.com)

HALOJABAR.COM.- Sebanyak 5.000 kalung sehat dipasang oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kuningan, sebagai penanda hewan kurban di daerahnya, Kamis 13 Juni 2024, kemarin.

Pemasangan 5.000 kalung sehat ini dilakukan Pemkab Kuningan, sebagai penanda jika hewan kurban di daerahnya dinyatakan layak konsumsi dan terbebas dari penyakit menular.

Penjabat (Pj) Bupati Kuningan, Iip Hidajat menyebutkan jika kalung sehat ini sudah didistribusikan dan dipasang kepada hewan kurban, yang telah menjalani pemeriksaan kesehatan.

Baca Juga: Jelang Idul Adha, DKP3 Kota Depok Temukan Hewan Kurban yang Tidak Memenuhi Syarat

Sebelumnya, hewan kurban telah menjalani pemeriksaan dari Dinas Perikanan dan Peternakan (Disnakak) Kabupaten Kuningan. Dalam pemeriksaan ini, Disnakak Kabupaten Kuningan menyasar kepada  sapi, kambing dan domba.

“Setelah melewati cek kesehatan dari dokter hewan, hewan kurban akan disematkan kalung sehat sebagai simbol bahwa hewan tersebut layak menjadi hewan kurban dan dikonsumsi,” ujar Iip seperti dikutip dari laman Antara.

Baca Juga: Dispangtan Cimahi Targetkan 3.000 Hewan Kurban Diperiksa Antemortem dan Postmortem

Meski sudah dipasang kalung, Iip menjelaskan jika hewan kurban bakal terus dicek kesehatan serta kondisi fisiknya, sebelum hari raya Idul Adha tahun ini.

Ia menambahkan jika hal ini dilakukan demi mencegah adanya hewan kurban yang terjangkit penyakit kuku dan mulut (PMK) maupun gangguan kesehatan lainnya.

“Waspadai adanya penyakit hewan menular, kita ingin memastikan kesehatan hewan kurban di Kuningan terjaga,” ujarnya.

Baca Juga: Dispernakan KBB Terbitkan SE Pemilihan Hewan Kurban dan Penyembelihan yang Benar

Di sisi lain, Kepala Disnakak Kabupaten Kuningan, Wawan Setiawan memastikan jika pemeriksaan hewan ini sudah dilakukan di seluruh tempat. Diantaranya adalah di kandang-kandang serta pasar hewan yang berada di berbagai pelosok Kabupaten Kuningan.

Selain itu, Wawan Setiawan pun menuturkan jika pihaknya telah menerbitkan surat edaran mengenai pemilihan hewan kurban, kepada para camat serta Dewan Kemakmuran Masjid (DKM).

“Kami pun sudah memastikan kebutuhan hewan kurban di Kuningan sudah tercukupi, dengan kondisi sehat dan aman untuk dikonsumsi,” papar Wawan Setiawan.***

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News