Diterjang Hujan Deras dan Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah di Padalarang KBB Rusak

hujan puting beliung padalarang kbb
Salah satu rumah warga yang rusak akibat diguyur hujan deras disertai angin kencang yang menerjang kawasan permukiman di Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, KBB. (Foto: Istimewa)

HALOJABAR.COM – Hujan deras disertai angin puting beliung merusak sejumlah rumah warga di beberapa RW Desa Campakamekar, Kecamatan Padalarang, Kabupaten Bandung Barat (KBB).

Kerusakan rumah yang terjadi seperti genting berjatuhan akibat tersapu angin kencang, terus ada yang atapnya jadi terbuka karena penutup rumahnya terbang, kemudian ada rumah yang rusak akibat tertimpa pohon tumbang dan menimpa ke rumah milik warga.

“Kejadiannya akhir pekan lalu, ada puluhan rumah yang rusak tapi tidak ada korban jiwa,” ucap Kepala Dusun 1 Desa Campakamekar, Padalarang, Mada kepada wartawan, Selasa 18 Juni 2024.

BACA JUGA: Dua Kampung di Kecamatan Saguling KBB Diterjang Angin Puting Beliung, Puluhan Rumah Rusak

Hujan deras disertai angin kencang itu terjadi sekitar pukul 16.00 WIB. Berdasarkan informasi awal, rumah warga yang rusak diterjang hujan angin itu berada di RW 09, 12, 14, serta RW 17. Kerusakan rumah warga rata-rata pada bagian atapnya.

Peristiwa itu sudah dilaporkan ke pihak desa, kecamatan, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD), KBB. Tidak lama kemudian perangkat desa serta petugas BPBD datang ke lokasi dan melakukan assessment dampak kejadian tersebut.

“Setelah situasi aman, warga dan petugas langsung membereskan rumah mereka yang rusak diterjang hujan dan angin,” ucapnya.

Pihaknya masih melakukan inventarisir rumah warga yang rusak, sebab dari informasi yang masuk ada juga laporan kerusakan rumah di RW 03 dan 20. Sambil tetap waspada karena kondisi cuaca saat ini tidak menentu dan hujan kerap datang tiba-tiba.

BACA JUGA: Angin Puting Beliung Terjang Cimaung Bandung, 61 Rumah Rusak

Sementara Camat Padalarang, Agus Ahmad Setiawan menyebutkan, tercatat ada 41 rumah warga yang tersebar di Kampung Cigaru, Cimanggu, Cipanawar, Babakan Solokan, Cilame, Cikurutug, Cimenteng, Sudimampir, Legok Nangka, yang mengalami kerusakan.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News