Gelar Verfak Tahap Pertama, KPU KBB Temukan 13.295 Dukungan Calon Perseorangan TMS

Komisi Pemilihan Umum (KPU) KBB menggelar rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat dari jalur perseorangan, Rabu 10 Juli 2024. (Adi Haryanto/HALOJABAR)

HALOJABAR.COM– Sebanyak 13.295 dukungan bagi calon pasangan perseorangan di Pilkada Kabupaten Bandung Barat (KBB) 2024, Sundaya-Aa Maulana dinyatakan tidak memenuhi syarat (TMS).

Hal itu diketahui berdasarkan rapat pleno rekapitulasi hasil verifikasi faktual bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat dari jalur perseorangan oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) KBB, Rabu 10 Juli 2024.

“Hasil rekapitulasi dukungan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati Bandung Barat jalur perseorangan, dari 94.837 dukungan ada 13.295 tidak memenuhi syarat (TMS) dan 81.542 memenuhi syarat (MS),” kata Ketua KPU KBB, Ripqi Ahmad Sulaeman usai memimpin rapat pleno rekapitulasi di Kantor KPU KBB kepada wartawan.

Baca Juga: Pesan Ketua KPU KBB ke Petugas Pantarlih, Jangan Sampai Ada yang Terlewat

Rifqi menyebutkan, dukungan itu diakumulasikan dari 11 kecamatan di KBB yang pada tanggal 8 Juli 2024 sudah dilakukan rapat pleno hasil verfak di tingkat kecamatan. Jadi data hasil verifikasi faktual yang direkap hari ini merupakan hasil dari rapat pleno di kecamatan.

Banyaknya dukungan yang TMS tersebut bisa mempengaruhi terhadap persyaratan minimal dukungan untuk bakal calon perseorangan. Oleh karena itu, perlu dilakukan perbaikan. Untuk periodisasi perbaikan tersebut diberikan waktu mulai tanggal 13-17 Juli 2024.

“Jika nantinya yang bersangkutan berhasil meng-upload dukungan sejumlah kekurangan, maka selanjutnya bakal memasuki tahapan verifikasi administrasi berikutnya,” ucapnya.

Baca Juga: KPU KBB Kerahkan 4.808 petugas Pantarlih untuk Coklit dan Bertugas di TPS

Menurutnya jumlah kekurangan yang diplenokan ada sebanyak 4.120 dukungan dan akan dikalikan dua. Sebab sesuai ketentuannya untuk perbaikan maka harus dua kali lipat dari jumlah kekurangan. Sehingga, minimal bacalon perseorangan harus menyampaikan dukungan sebanyak 8.240 dukungan.

Lebih lanjut Ripqi mengingatkan, untuk verfak kedua kepada PPK harus bersiap-siap apabila nanti di kecamatan masing-masing ada dukungan. Jika di persyaratan awal itu harus tersebar di minimal 9 kecamatan maka untuk perbaikan ini bebas untuk jumlah kecamatannya.

“Karena sebarannya sudah terpenuhi, maka untuk perbaikan ini dari berapa kecamatan pun tidak masalah untuk melengkapi sejumlah kekurangan 8.240 dukungan. Tapi fisiknya harus ada dan diunggah ke Silonkada,” pungkasnya.***

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News