Google Maps Tingkatkan Pengalaman Navigasi dengan Integrasi AI Generatif

Google Maps Tingkatkan Pengalaman Navigasi dengan Integrasi AI Generatif
Ilustrasi Google Maps. (Unsplash)

HALOJABAR.COMGoogle Maps telah menerima pembaruan besar yang bertujuan untuk meningkatkan pengalaman navigasi dan eksplorasi pengguna.

Integrasi teknologi generative AI menjadi langkah signifikan dalam pengembangan ini. Berikut adalah enam fitur baru yang diperkenalkan oleh Google Maps dengan menggunakan generative AI.

BACA JUGA: Google Maps Punya Fitur AI yang Memudahkan Pengguna Mencari Tempat

1. Fitur Chat di Google Maps

Kini, Google Maps memiliki fitur chat yang memungkinkan pengguna berkomunikasi langsung dengan aplikasi. Dengan fitur ini, Anda bisa mendapatkan informasi tentang rute, kondisi lalu lintas, dan rekomendasi tempat secara langsung.

Generative AI membuat percakapan ini lebih interaktif dan personal, memberikan jawaban yang cepat dan akurat. Misalnya, jika Anda mencari restoran vegetarian terdekat, fitur chat akan memberikan daftar opsi yang relevan beserta informasi tambahan seperti jam buka, ulasan, dan foto.

2. Visualisasi Jalan dengan Immersive View

Menggunakan teknologi generative AI, Google Maps kini menawarkan fitur Immersive View yang memungkinkan pengguna memvisualisasikan rute atau melihat pratinjau tempat dengan lebih realistis.

Fitur ini menggabungkan gambar 3D dan data real-time untuk memberikan visual yang lebih detail, membantu Anda merencanakan perjalanan dengan lebih baik. Pengguna dapat melihat jalan, bangunan, dan landmark utama dengan tingkat detail yang tinggi, seolah-olah mereka sedang berada di lokasi tersebut.

3. Google Lens sebagai Pemandu

Virtual Google Lens kini terintegrasi dengan Google Maps sebagai pemandu wisata virtual. Dengan mengarahkan kamera ponsel ke suatu tempat, generative AI akan memberikan informasi mendetail tentang lokasi tersebut, termasuk sejarah, ulasan, dan tempat menarik di sekitarnya.

Misalnya, jika Anda mengarahkan kamera ke bangunan bersejarah, Google Lens akan menampilkan informasi tentang sejarah, arsitektur, dan foto-foto lama. Fitur ini juga bisa memberikan rekomendasi restoran, toko, atau atraksi wisata terdekat yang mungkin menarik bagi Anda.

4. Pencarian Lebih Mudah dengan Google Maps

Pencarian di Google Maps kini lebih mirip dengan pencarian di Google. Anda bisa mencari tempat tertentu atau foto dengan lebih mudah dan cepat, berkat bantuan generative AI yang memproses dan menampilkan hasil pencarian yang relevan.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News