Ibadah Haji 2024: Perdokhi dan IDI Ingatkan Jamaah Haji Indonesia Pentingnya Atur Pola Makan dan Minum

perdokhi idi jamaah haji
Jemaah haji asal Jabar saat tiba di Arafah. (Foto: Ilustrasi- Ist/ Humas Jabar)

HALOJABAR.COM – Perhimpunan Kedokteran Haji Indonesia (Perdokhi) dan Ikatan Dokter Indonesia mengingatkan jamaah haji asal Indonesia selalu menjaga kondisi tubuh selama menjalankan ibadah haji di Tanah Suci pada musim haji tahun 2024.

Ketua Pengurus Pusat Perdokhi, Syarief Hasan Lutfie, mengatakan, berkaca dari kasus-kasus sebelumnya, infeksi saluran pernapasan atas menjadi penyakit yang acap dialami para calon jamaah haji.

Apalagi kata Syarief, banyak di antara calon jamaah haji asal Indonesia sudah lanjut usia (lansia), sehingga sangat penting untuk menjaga kondisi tubuh dengan mengatur pola makan dan minum selama menjalankan prosesi ibadah haji.

“Infeksi saluran pernapasan atas dan demenesia merupakan kondisi yang biasanya dihadapi para jamaah haji. Apalagi banyak di antara jamaah haji asal Indonesia ini yang sudah lanjut usia,” kata Syarief berbicara dalam acara Media Briefing secara daring dengan topik Tips Kesehatan untuk Para Calon dan Jemaah Haji, pada Jumat 7 Juni 2024.

BACA JUGA: Karena Faktor Kesehatan, Sebanyak 6 Calon Haji Asal Kabupaten Bogor Batal Berangkat

Syarief menjelaskan, dengan kondisi cuaca di kota Mekah yang saat ini dilaporkan cukup panas, para calon jamaah haji juga disarankan untuk banyak minum minimal 8.000 cc per harinya.

“Kalau bisa minum sebanyak-banyaknya, idealnya 8 ribu cc di tengah kondisi cuaca yang sangat panas agar tidak dehidrasi. Tapi bagi yang punya riwayat penyakit ginjal diatur saja minumnya karena minum banyak juga disarankan (untuk yang memiliki penyakit ginjal),” jelas Syarief.

Selain itu, Syarief juga mengingatkan kepada para jamaah haji untuk tidak melakukan hal-hal kecil yang sebenarnya bisa berdampak buruk terhadap kondisi kesehatan, seperti menghindari tidak memakai alas kaki dan tidak berbelanja berlebihan saat sudah memasuki masa-masa akhir ibadah haji.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News