Idul Adha 2024, Bey Machmudin Beri Kurban Sapi Pasundan dan Domba Asli Jabar

idul adha 1445 hijriah
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin Melepas Tim Pemeriksa Kesehatan Hewan Kurban Provinsi Jawa Barat untuk Wilayah Bodebek di Balai Kota Bogor, Senin, 3 Juni 2024. (Humas Pemprov Jabar)

HALOJABAR.COM – Pemda Provinsi Jawa Barat memfasilitasi pelaksanaan Salat Idul Adha 1445 Hijriah bagi masyarakat di Lapangan Gasibu, Kota Bandung, Senin 17 Juni 2024, pukul 06.00 WIB.

Salat Ied di Lapangan Gasibu akan dipimpin KH Ahmad Zaki Burhani, Pimpinan Pesantren Azzakiyyatussholihah, Kabupaten Majalengka, sebagai imam.

Kemudian sebagai khatib, yakni KH Dede Suherman, Pimpinan Pesantren Al-Inaayah Ciwaas Peuntas Tasikmalaya.

Pada Idul Adha tahun ini, Penjabat Gubernur Jabar Bey Machmudin akan memberikan hewan kurban sapi pasundan empat ekor dan domba asli Jabar sembilan ekor.

BACA JUGA: 5 Cara Mudah Menyimpan Daging Kurban agar Tetap Segar dan Tahan Lama di Rumah

Hewan kurban tersebut akan dibagi ke empat lokasi, salah satunya di RW 16, Dusun 3, Desa Jayagiri, Kecamatan Lembang, Kabupaten Bandung Barat.

Hewan kurban yang diberikan di Jayagiri, yakni sapi pasundan satu ekor (435 kilogram) dan tiga ekor domba.

Bey Machmudin juga direncanakan akan melaksanakan salat Iduladha di desa tersebut.

Desa Jayagiri terletak dalam kawasan wisata Lembang, yang identik dengan keindahan alamnya, seperti Gunung Tangkubanparahu, Gunung Putri Lembang, perkebunan, pertanian, peternakan, dan beberapa kawasan wisata alam buatan lainnya, di antaranya Farm House, dan Floating Market.

BACA JUGA: Teks Khutbah Idul Adha 1445 H: Haji dan Kurban, Barometer Keimanan dan Ketakwaan

Namun di desa berpenduduk 1.372 orang ini masih banyak keluarga prasejahtera/duafa mencapai 242 KK atau sekitar 600 orang. Rata-rata pekerjaan warganya sebagai buruh tani harian.

Selain di Jayagiri, Bey juga memberikan kurban untuk warga di sekitar Rumah Dinas Pakuan, yaitu sapi satu ekor (410 kg) dan domba tiga ekor.

Kemudian di dua lokasi lainnya, sapi satu ekor (350 kg) untuk warga sekitar Masjid At-Taqwa Kebon Sirih, Kota Bandung serta sapi satu ekor (330 kg) dan domba tiga ekor untuk warga di sekitar Rumah Dinas Rancabentang.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News