Ini 5 Penyebab Indikator Aki Kendaraan Selalu Menyala

Penyebab Indikator Aki Kendaraan Selalu Menyala
Ilustrasi aki kendaraan. (Pixabay)

HALOJABAR.COM – Bagi pengendara, melihat indikator aki menyala di dashboard bisa menjadi sumber kekhawatiran. Indikator ini menandakan masalah pada sistem kelistrikan kendaraan, khususnya pada aki.

Aki adalah komponen penting yang menyimpan energi listrik untuk menghidupkan mesin, lampu, dan komponen kelistrikan lainnya.

Jika indikator aki menyala, penting untuk segera mencari tahu penyebabnya dan mengambil langkah yang tepat. Berikut adalah lima penyebab umum indikator aki menyala beserta cara mengatasinya.

BACA JUGA: Segini Kisaran Biaya untuk Ganti Aki Motor Terbaru Tahun 2024

1. Aki Lemah atau Rusak

Seiring waktu, kemampuan aki dalam menyimpan energi listrik akan menurun. Hal ini bisa disebabkan oleh usia aki, penggunaan berlebihan, atau paparan suhu ekstrem.

Jika aki lemah atau rusak, indikator aki akan menyala dan mesin mungkin sulit dihidupkan. Solusinya adalah mengganti aki dengan yang baru. Pastikan memilih aki yang sesuai dengan spesifikasi kendaraan Anda.

2. Kerusakan Pada Alternator

Alternator bertugas mengisi ulang aki saat mesin kendaraan hidup. Jika alternator rusak, aki tidak akan mendapatkan pasokan listrik yang cukup dan indikator aki akan menyala.

Gejala lain dari kerusakan alternator termasuk lampu yang redup, suara gemeretak dari mesin, dan baterai yang cepat habis. Cara mengatasinya adalah dengan membawa kendaraan ke bengkel untuk memperbaiki atau mengganti alternator.

3. Masalah Pada Sistem Kelistrikan

Indikator aki menyala juga bisa disebabkan oleh masalah pada sistem kelistrikan kendaraan. Ini bisa terjadi karena kabel aki yang kendor atau berkarat, sekring putus, atau korsleting. Jika mencurigai adanya masalah pada sistem kelistrikan, sebaiknya bawa kendaraan ke bengkel untuk diperiksa oleh teknisi yang ahli.

4. Penggunaan Aksesoris Berlebihan

Penggunaan aksesoris tambahan seperti lampu LED, sound system, atau power amplifier yang berlebihan dapat membebani aki dan membuatnya cepat habis, terutama saat mesin kendaraan tidak hidup.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News