Ini Fungsi Penting End Cap Muffler pada Motor Matic

Fungsi Penting End Cap Muffler pada Motor Matic
Fungsi Penting End Cap Muffler pada Motor Matic. (Istimewa)

HALOJABAR.COM – Setiap sepeda motor bermesin bensin dilengkapi dengan knalpot, atau dikenal juga sebagai exhaust atau muffler. Pada beberapa motor matic, terdapat komponen bernama end cap muffler yang terpasang di bagian belakang knalpot. Apa sebenarnya fungsi dari end cap muffler ini?

Knalpot terdiri dari beberapa komponen penting, termasuk header yang menempel pada mesin, pipa yang sering dilengkapi dengan catalytic converter untuk menyaring gas buang berbahaya, silencer untuk meredam suara, dan end cap muffler di bagian ujungnya. Ade Rohman, Sub Department Head Technical Service PT Daya Adicipta Motora, memberikan wawasan mengenai fungsi end cap muffler.

Menurut Ade, end cap muffler berfungsi sebagai pelindung bagian ujung lubang knalpot. “End cap muffler memiliki fungsi utama sebagai pelindung bagian ujung lubang knalpot. Pada beberapa model, bagian ini biasanya memiliki pipa kecil untuk mengeluarkan gas buang yang sangat rentan terhadap benturan,” jelas Ade dalam keterangan resminya.

BACA JUGA: 3 Cara Membuat Knalpot Racing Menjadi Lebih Adem

Jika terjadi benturan, proses pembakaran mesin dapat terganggu dan mengalami kerusakan. Oleh karena itu, end cap muffler berfungsi sebagai pelindung serta penanda bagi ujung lubang knalpot.

Selain itu, end cap muffler juga berfungsi sebagai pelindung panas seperti cover knalpot. Dengan adanya end cap muffler, kaki atau bagian tubuh pengendara terlindungi dari panas yang dihasilkan oleh knalpot.

“Umumnya, end cap muffler terbuat dari bahan plastik atau material isolator yang tidak menyerap panas, sehingga lebih aman jika tubuh pengendara tidak sengaja menyentuh bagian tersebut,” ungkap Ade.

BACA JUGA: Simak! Ini Ciri Knalpot Mengalami Kebocoran dan Cara Mengatasinya

Di samping fungsionalitasnya, end cap muffler juga dapat meningkatkan tampilan motor menjadi lebih sporty. Biasanya, komponen ini memiliki warna yang berbeda dengan cover dan silencer knalpot.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News