Jangan Dianggap Sepele! Ini 5 Cara Cas HP yang Baik dan Benar

cas hp
Cas HP. (Stocksnap/Pixabay)

HALOJABAR.COM – Bagi sebagian orang, mengisi ulang daya ponsel hanyalah perkara sepele. Namun, tahukah Anda bahwa cara mengisi daya atau cas HP dapat memengaruhi umur dan daya tahan baterai?

Berikut beberapa langkah yang tepat ketika mengisi daya HP dapat membuat baterai tetap awet dan memberikan performa yang optimal.

1. Menggunakan Charger yang Asli

Penting untuk menggunakan charger yang asli atau sesuai dengan merek dan tipe HP Anda. Menghubungkan baterai dengan charger yang tidak tepat dapat memiliki risiko serius.

Meskipun mungkin terlihat sama, setiap charger memiliki kinerja dan kapasitas yang berbeda. Charger asli telah dirancang untuk sesuai dengan kebutuhan spesifik HP, memberikan perlindungan optimal.

BACA JUGA: 6 Penyebab Layar Smartphone Tidak Dapat Disentuh

2. Jangan Tunggu hingga Nol Persen untuk Mengisi Daya

Salah satu cara mengisi daya HP dengan benar adalah menghindari menunggu hingga baterai habis sepenuhnya sebelum mengisi daya. Membiarkan baterai mencapai 0 persen secara teratur dapat merugikan kesehatan baterai. Sebaiknya, mulailah mengisi daya saat persentase baterai mencapai sekitar 20 persen. Ini membantu menjaga kesehatan baterai dan mencegah penurunan kinerja.

3. Manfaatkan Mode Pesawat saat Mengisi Daya

Untuk memperpanjang umur baterai, hindari penggunaan HP selama proses pengisian daya. Matikan ponsel atau aktifkan mode pesawat untuk menghentikan notifikasi dan layanan data yang dapat meningkatkan suhu baterai. Suhu yang tinggi dapat merusak baterai, dan mode pesawat membantu mencegah peningkatan suhu yang tidak diinginkan.

BACA JUGA: Sangat Mudah! 5 Cara Pindahkan Foto dari HP ke Laptop

4. Hindari Isi Daya Hingga 100 Persen

Isi daya baterai hingga 100 persen setiap kali dapat memperpendek umur baterai, terutama untuk baterai lithium-ion yang umumnya digunakan dalam ponsel Android. Sebaiknya, hindari pengisian daya penuh dan cabut pengisi daya saat baterai mencapai sekitar 80-90 persen. Ini membantu menjaga daya tahan baterai dalam jangka panjang.

5. Hindari Pengisian Daya dalam Suhu Panas

Produsen HP ternama seperti Apple, Samsung, dan Google sepakat bahwa suhu panas adalah musuh utama baterai. Pengisian daya dalam suhu panas dapat merusak baterai dan menurunkan kinerjanya. Oleh karena itu, pastikan untuk menghindari mengisi daya HP di lingkungan dengan suhu yang tinggi.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News