Jelang Idul Adha 1445 H, Penjualan Hewan Kurban di KBB Mulai Meningkat

Hewan Kurban Idul Adha
Pedagang hewan kurban di KBB mulai mengalami peningkatan jumlah penjualan dan diprediksi akan lebih meningkat seiring semakin dekatnya Hari Raya Idul Adha. (Adi Haryanto/HALOJABAR.COM)

HALOJABAR.COM – Pedagang hewan kurban di Kabupaten Bandung Barat (KBB) mulai kebanjiran pesanan jelang perayaan Hari Raya Idul Adha 1445 Hijriah/2024. Bahkan sudah banyak hewan kurban yang sudah dibooking oleh pembeli dan tinggal menunggu pengiriman.

“Sekarang penjualan sudah naik, biasanya sampai hari H-1 hingga H+1 juga masih ada yang beli,” kata penjual hewan kurban di Kampung Tutugan, RT 02/07 Desa Cihanjuang Rahayu, Kecamatan Parongpong, KBB, Deni Suhartono, Rabu 12 Juni 2024.

Dia menyebutkan, saat ini puluhan ekor sapi miliknya sudah dibooking oleh konsumennya. Ada sebanyak 20 ekor sapi miliknya yang sudah dibeli baik oleh pelanggan ataupun pembeli baru.

BACA JUGA: Plh Bupati KBB Minta Warga Terdampak Bencana Jadi Prioritas Penyaluran Daging Kurban

“Ya alhamdulilah sudah punya langganan tetap, meskipun belum sampai ratusan, karena masih pemula,” sambung pemilik Danisa Cattle Farm ini.

Menurutnya peningkatan penjualan hewan kurban di tempatnya tidak terlepas dari usaha yang telah dijalankannya selama lima tahun. Awalnya dia hanya berhasil menjual lima ekor pada periode awal usaha, namun secara perlahan terus mengalami peningkatan.

Sekarang setiap Idul Adha selalu ramai dan meningkat penjualannya. Mulai dari 5 ekor kemudian meningkat 15 ke 20 sampai 25 di tahun kemarin. Rata-rata harga sapi yang dijualnya berada di kisaran Rp17 juta hingga Rp22 juta bergantung jenis dan bobot sapinya.

BACA JUGA: Dispangtan Cimahi Targetkan 3.000 Hewan Kurban Diperiksa Antemortem dan Postmortem

“Sapi saya merupakan hasil perawatan sendiri selama kurang lebih 10 bulan. Untuk sapi dengan bobot 280 kilogram dijual dengan harga berkisar Rp19 juta, sementara untuk sapi dengan bobot 330 kilogram dijual seharga Rp22 juta,” sebutnya.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News