Jelang Idul Adha Pemprov Gelar Operasi Pasar Bersubsidi

Operasi Pasar Bersubsidi
Pj Gubernur Jabar Bey Machmudin meninjau secara langsung Operasi Pasar Bersubsidi (OPADI) dalam rangka Idul Adha tahun 2024 di Kantor Kelurahan Jagasartu, Kota Cirebon, Sabtu 15 Juni 2024. (Rizal FS/Biro Adpim Jabar).

HALOJABAR.COM – Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau Operasi Pasar Bersubsidi (Opadi) di halaman kantor Kelurahan Jagasatru, Kecamatan Pekalipan, Kota Cirebon, Sabtu 15 Juni 2024.

Opadi yang diinisiasi oleh Dinas Perindustrian dan Perdagangan Jabar ini menyediakan bahan kebutuhan pokok dengan harga yang lebih murah.

Opadi menjual paket berisi beras premium 5 kilogram, gula premiun kemasan SNI 2 kg, dan minyak premium 2 liter dengan harga Rp100.000.

Normalnya tiga bahan pokok tersebut dijual seharga Rp145.700. Dengan begitu total yang disubsidi pemerintah adalah Rp45.700.

BACA JUGA: Realisasi Penjualan Operasi Pasar Bersubsidi di Jabar Selama Ramadan Capai 90,14 Persen

Masyarakat tampak antusias memadati area kantor kelurahan sejak pukul 8 pagi.

“Jadi dengan Opadi ini masyarakat bisa membeli kebutuhan pokok 5 kilogram beras dan 2 kilogram gula juga 2 liter minyak goreng seharga Rp100.000 yang biasanya Rp145.700,” ujar Bey.

Ia mengungkapkan tujuan Opadi adalah untuk menekan inflasi menjelang hari raya idul adha. Kini masyarakat tak perlu khawatir terhadap kenaikan harga karena bisa datang ke Opadi.

BACA JUGA: Harga Beras Naik Jelang Puasa, Pemkot Cimahi Gelar Operasi Pasar Murah

“Untuk menekan inflasi, kita tahu menjelang Idul Adha biasanya harga naik, makanya Opadi ini supaya masyarakat bisa membeli dengan harga murah,” tutur Bey.

Opadi menjelang hari raya Idul Adha ini digelar serentak di sejumlah kabupaten/kota di Jabar. Antara lain, Kota Cirebon, Tasikmalaya, Bekasi, dan Banjar.

Kemudian Kabupaten Cirebon, Tasikmalaya, Bekasi, Indramayu, Kuningan, Garut, Purwakarta, Karawang, Subang, dan Ciamis.***

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News