Libur Panjang, Pengelola Wisata di Lembang Keluhkan Minimnya Jumlah Pengunjung

Libur Panjang Wisata Lembang
Pengunjung yang datang ke objek wisata di Lembang, salah satunya seperti di The Great Asia Africa Lembang pada libur panjang akhir pekan kali ini tidak mengalami lonjakan yang berarti. (Adi Haryanto/HALOJABAR.COM)

HALOJABAR.COM – Kunjungan wisatawan ke kawasan objek wisata di Lembang, Kabupaten Bandung Barat (KBB), pada momen libur panjang akhir pekan ini, yang bertepatan dengan Hari Raya Waisak belum menunjukkan peningkatan signifikan.

Salah satunya seperti terpantau di objek wisata The Great Asia Africa Lembang. Wisatawan yang datang ke tempat ini relatif seperti hari-hari biasa karena tidak ada antrean pengunjung yang membeli tiket di pintu masuk.

Padahal biasanya pada momen libur panjang dan cuti bersama wisatawan yang datang ke tempat ini selalu penuh. Tiket loket dan pintu masuk termasuk parkiran juga padat, sehingga berdampak kepada kemacetan lalu lintas karena adanya keluar masuk kendaraan.

BACA JUGA: Libur Long Weekend, Tiket Kereta Whoosh Dijual Rp150 Ribu untuk Kelas Premium Economy

“Saat ini belum ada peningkatan kunjungan wisatawan meskipun libur cukup panjang,” kata pengelola The Great Asia Africa, Wawan Gunawan saat ditemui di Lembang, Jumat 24 Mei 2024.

Dirinya memperkirakan lesunya angka kunjungan wisatawan salah satunya karena banyak rombongan wisatawan yang membatalkan keberangkatan wisata imbas kecelakaan bus pengangkut pelajar di Jalan Raya Ciater, Subang beberapa waktu lalu.

Belum lagi adanya kebijakan larangan study tour ke luar daerah oleh pemerintah yang berakibat wisatawan dari luar kota tidak bisa masuk. Hingga sekarang ada empat rombongan yang sudah membatalkan kunjungan ke tempatnya usai insiden kecelakaan tersebut.

BACA JUGA: Big Bad Wolf Books Hadirkan 2 Juta Buku Mulai dari Inggris, Korea hingga Anak

“Jadi berdampak ke kami, karena setelah kejadian itu ada kekhawatiran dari wisatawan dan membatalkan kunjungannya,” tuturnya.

Pihaknya tidak bisa berbuat banyak meskipun masih berharap di Sabtu dan Minggu kunjungan wisatawan mengalami kenaikan. Sementara hingga Jumat siang ini angka kunjungan baru sampai 600 sampai 700 orang.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News