Mengenal Baterai, Energi Praktis yang Menimbulkan Limbah Berbahaya

Ilustrasi baterai. (Pixabay)

HALOJABAR.COM – Di era digital ini, baterai telah menjadi bagian tak terpisahkan dari kehidupan kita. Beragam perangkat elektronik, mulai dari handphone, laptop, hingga kendaraan listrik, mengandalkan baterai sebagai sumber energinya.

Namun, di balik kepraktisannya, baterai menyimpan bahaya laten jika tidak dikelola dengan tepat, yaitu limbah baterai.

Apa itu baterai?

Secara singkat baterai adalah sebuah komponen elktronik yang mengubah energi kimia yang disimpannya menjadi sumber energi listrik.

Berdasarkan jurnal berjudul “Ancaman Limbah Baterai Terhadap Lingkungan dan Upaya Pengelolaannya” yang diterbitkan dalam Jurnal Ilmiah Kimia Terapan (2021), limbah baterai mengandung berbagai bahan berbahaya seperti merkuri, timbal, kadmium, dan litium.

Bahan-bahan ini dapat mencemari tanah dan air, meracuni biota, dan membahayakan kesehatan manusia jika terpapar dalam jangka panjang.

Salah satu contoh nyata dampak bahaya limbah baterai adalah kasus pencemaran air tanah di daerah Cikarang, Jawa Barat.

Penelitian yang dilakukan oleh Universitas Indonesia pada tahun 2023 menemukan bahwa air tanah di wilayah tersebut tercemar merkuri dan timbal yang berasal dari limbah baterai industri. Pencemaran ini berakibat pada berbagai penyakit kesehatan bagi masyarakat sekitar.

Lalu, bagaimana cara mengatasi bahaya limbah baterai? Jurnal yang sama menyebutkan beberapa solusi, yaitu:

Penggunaan baterai yang ramah lingkungan: Produsen baterai didorong untuk memproduksi baterai dengan bahan yang lebih ramah lingkungan dan mudah didaur ulang.

  • Peningkatan kesadaran masyarakat: Masyarakat perlu diedukasi tentang bahaya limbah baterai dan cara pembuangannya yang tepat.
  • Pembangunan bank sampah: Bank sampah dapat menjadi tempat pengumpulan dan pendauran limbah baterai yang efektif.
  • Penerapan regulasi yang ketat: Pemerintah perlu mengeluarkan regulasi yang mengatur pengelolaan limbah baterai secara berkelanjutan.
  • Menjaga kelestarian lingkungan adalah tanggung jawab kita bersama. Dengan memahami bahaya limbah baterai dan mengambil langkah-langkah pencegahan, kita dapat memastikan bahwa baterai yang kita gunakan tidak membawa dampak buruk bagi lingkungan dan kesehatan di masa depan.

Limbah baterai secara ilegal dapat mengeluarkan gas beracun ke atmosfer, yang dapat menyebabkan berbagai masalah kesehatan, seperti penyakit pernapasan dan kanker.

Bahaya Limbah Baterai

Limbah baterai bukan hanya sampah biasa, tetapi mengandung berbagai zat berbahaya yang dapat membahayakan kesehatan manusia dan lingkungan.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News

Editor: Riedha Adriyana