“bjb

Mengubah Audio Menjadi Teks, 5 Aplikasi Transkrip Audio yang Berguna

Mengubah Audio Menjadi Teks, 5 Aplikasi Transkrip Audio yang Berguna
Mengubah Audio Menjadi Teks, 5 Aplikasi Transkrip Audio yang Berguna

HALOJABAR.COM – Mentranskrip audio menjadi teks bisa menjadi tugas yang memakan waktu, tetapi dengan kemajuan teknologi dan kehadiran aplikasi berbasis kecerdasan buatan (AI), sekarang ada beragam pilihan yang memudahkan proses ini. Berikut adalah lima aplikasi yang berguna untuk mentranskrip file audio menjadi teks:

1. Transcribe

Aplikasi ini tersedia di perangkat iOS dan browser web. Transcribe dapat mengatasi berbagai format file audio, dari MP3 hingga WAV. Namun, versi uji coba gratisnya hanya berlangsung selama 15 menit, dengan biaya tambahan sekitar Rp 78 ribu per jam untuk penggunaan berkelanjutan. Selain transkripsi, Transcribe juga menawarkan layanan terjemahan gratis melalui AI.

Baca Juga : Cek Fitur Dasar Aplikasi WhatsApp dan Tata Cara Menggunakannya, Paling Mudah dan Praktis

2. Otter

Otter adalah aplikasi transkripsi yang menggunakan kecerdasan buatan (AI) untuk berbagai skenario, mulai dari catatan rapat hingga wawancara audio. Namun, Otter berbayar setelah batas tertentu, dengan versi gratis yang memiliki batasan 300 menit per bulan. Versi berbayar, Otter Pro, dibanderol sekitar Rp 153 ribu per bulan, memungkinkan 1.200 menit transkripsi.

3. Microsoft Word Transcribe

Microsoft Word Transcribe adalah pilihan sederhana untuk transkripsi yang juga berfungsi sebagai pengolah kata. Kamu perlu berlangganan Microsoft 365 Pro sekitar Rp 107 ribu per bulan untuk mengakses fungsi Transcribe. Terdapat batasan 300 menit pengunggahan file audio per bulan, tetapi tidak ada batasan untuk mentranskripsi audio secara langsung saat kamu memainkan file audio yang dimaksud.

4. Dictation

Ini adalah aplikasi transkripsi gratis yang berbasis web dan mendukung berbagai bahasa. Diction.io memanfaatkan mikrofon perangkat untuk mentranskripsi audio saat kamu berbicara. Aplikasi ini dapat digunakan tanpa biaya dan berfungsi di berbagai bahasa, termasuk bahasa Inggris, Spanyol, dan Prancis.

5. GoTranscript

GoTranscript menggabungkan pembelajaran mesin dengan penerjemah manusia. Pengguna dapat mengunggah file audio dan menerima transkripsi yang diedit manusia melalui antarmuka web mereka. Meskipun ada biaya terkait layanan ini, keberadaan penerjemah manusia dapat meningkatkan akurasi transkripsi.

Dengan bantuan aplikasi transkripsi ini, kamu dapat menghemat waktu dan upaya dalam mengubah audio menjadi teks, baik itu untuk kebutuhan profesional atau pribadi.***

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News