Sampah di Sungai Citarum Menumpuk, Pj Gubernur Jabar Turun Tangan Pantau Pembersihan

sampah citarum bey machmudin
Pj Gubernur Jabar memantau pembersihan sampah di Sungai Citarum di wilayah Kecamatan Cihampelas hingga Batujajar, KBB, bersama TNI, BBWS Citarum, DLH Jabar, DLH KBB, dan lembaga masyarakat Bening Citarum, Rabu 12 Juni 2024. (Adi Haryanto/HALOJABAR.COM)

HALOJABAR.COM – Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin memantau langsung pembersihan sampah di perairan Sungai Citarum di wilayah Kecamatan Cihampelas hingga Batujajar, Kabupaten Bandung Barat (KBB) pada Rabu 12 Juni 2024.

Pembersihan sampah yang didominasi dari rumah tangga itu juga melibatkan unsur TNI, BBWS Citarum, Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Jabar, dan DLH KBB, serta lembaga masyarakat Bening Citarum.

“Salah satu kebiasaan buruk membuang sampah ke sungai dampaknya seperti ini. Jadinya sampah dari hulu mengalirkan ke hilir sehingga terjadi sedimentasi,” kata Bey kepada wartawan.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Siapkan Masa Transisi Pengelolaan DAS Citarum

Ratusan ton sampah plastik dan rumah tangga berhasil diangkat dari perairan sungai. Diperkiraan sampah-sampah tersebut berasal dari wilayah Kota Bandung, Kabupaten Bandung, Kota Cimahi yang terbawa arus sungai saat hujan.

Bey Machmudin menyebutkan, untuk mengangkat sampah di perairan sungai Citarum butuh waktu sekitar seminggu. Pasalnya volume sampah yang menutup sungai sangat banyak. Limbah sampah itu berasal dari daerah Cekungan Bandung.

Menurutnya Jakstrada (Kebijakan Strategi Daerah) tentang persampahan tahun 2025 harus mengurangi sampah 30 persen dari hulu. Jadi rumah tangga harus ikut mengurangi terutama sampah jenis organik. Sehingga semestinya semua kepala daerah kembali mengingatkan seluruh warganya untuk mengurangi sampah.

BACA JUGA: Sekda Jabar Herman Suryatman Apresiasi Partisipasi Aktif Masyarakat Jaga DAS Citarum

“Masalah sampah ini menjadi persoalan bersama, bukan hanya pemerintah maupun TNI. Oleh karenanya, swasta dan masyarakat secara lebih luas harus disiplin buang sampah pada tempatnya,” tegasnya.

Sementara itu Founder Bening Saguling Foundation, Indra Darmawan mengatakan, pihaknya mengerahkan 20 perahu dan 40 orang untuk membersihkan sampah di Sungai Citarum wilayah Kecamatan Cihampelas. Diperkirakan sampah yang menutup aliran Sungai Citarum mulai dari Jembatan BBS sampai Jembalas bisa mencapai 270 ton.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News