Sampah Penuhi Sungai Citarum di Jembatan Babakan Sapaan KBB, Begini Kata Bey Machmudin

sampah citarum bey machmudin
Penjabat Gubernur Jawa Barat Bey Machmudin meninjau tumpukan sampah di aliran Sungai Citarum tepatnya di bawah jembatan Babakan Sapaan, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, Rabu 12 Juni 2024. (Foto: Yogi Prayoga/Dokpim Jabar)

HALOJABAR.COM – Penjabat Gubernur Jawa Barat, Bey Machmudin mengecek kondisi Sungai Citarum bawah jembatan Babakan Sapaan, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat yang kondisinya dipenuhi sampah, Rabu 12 Juni 2024.

Bey Machmudin memastikan, tindakan cepat dilakukan untuk membersihkan sampah yang mengotori Sungai Citarum. Satgas Citarum Harum, BBWS Sungai Citarum, dan masyarakat bahu membahu mengangkut sampah yang hampir menutupi permukaan air dengan dibantu alat berat.

“Kami gerak cepat, koordinasi bersama, karena ini masalah bersama,” ujar Bey Machmudin.

Ia mengatakan, proses pengerukan sampah diperkirakan memakan waktu 5 sampai 7 hari mengingat tumpukan sampah yang cukup banyak. Agar pengerukan lebih optimal pihaknya akan menambah alat berat.

BACA JUGA: Sampah di Sungai Citarum Menumpuk, Pj Gubernur Jabar Turun Tangan Pantau Pembersihan

“Ini semua akan kita bersihkan lima hari sampai satu minggu, karena ini banyak sekali sampahnya. Nanti akan ada tambahan alat berat agar pengerukannya bisa lebih cepat,” tuturnya.

Bey mengungkapkan, penyebab penumpukan sampah tersebut karena kurangnya kedisiplinan warga dalam membuang sampah. Selain itu di area tersebut juga terdapat sedimen dan permukaan air yang turun.

“Penyebab sampah menumpuk karena permukaan air yang turun dan adanya sedimen. Kedisiplinan warga juga kurang jadi kami ingatkan kembali jangan membuang sampah sembarangan apalagi ke sungai dan ini akibatnya kalau tidak disiplin,” jelas Bey.

BACA JUGA: Pemprov Jabar Siapkan Masa Transisi Pengelolaan DAS Citarum

Diketahui sampah tersebut merupakan kiriman dari Kota Bandung, Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung. Penumpukan sampah terjadi sejak Jumat 7 Juni 2024.

Bey tetap optimistis, indeks kualitas air sungai citarum akan berada di angka 60 pada Desember 2025 mendatang. Kuncinya adalah kolaborasi dan kedisiplinan warga dalam menjaga lingkungan.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News