Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban Lengkap dengan Doanya

Idul adha 1444 h
Petugas saat melaksanakan penyembelihan Hewan Qurban Idul Adha 1444H di Parkiran Cikaso, Jl. Madtasan, Cibeunying Kidul, Kota Bandung, Kamis 23 Juni 2023. (Aziz Pratomo/Halojabar.com)

HALOJABAR.COM- Berikut tata cara beserta bacaan doa menyembelih hewan kurban saat hari raya Idul Adha. Tinggal beberapa hari lagi, seluruh umat Islam bakal menyambut hari raya Idul Adha 1445 H.

Dalam momen Idul Adha ini, seluruh umat Islam dianjurkan untuk melaksanakan ibadah kurban. Pasalnya hukum berkurban sendiri bagi umat Islam adalah sunnah muakkad.

Namun, dalam melaksanakan proses penyembelihan hewan kurban terdapat dua hal yang perlu Anda perhatikan. Diantaranya adalah tata cara dan doa yang dibacakan saat menyembelih hewan kurban.

Melansir dari laman Badan Amil Zakat Nasional (Baznas), sebelum menyembelih hewan kurban kita dianjurkan untuk membaca doa terlebih dulu. Berikut bacaan doa menyembelih hewan kurban:

Bismillahi Allahu Akbar, Allahumma hadza minka walaka, Allahumma taqabbal minni

Artinya: “Dengan nama Allah, Allah Maha Besar. Ya Allah, ini adalah (kurban) dari-Mu dan untuk-Mu. Ya Allah, terimalah (kurban) ini dariku”

Tata Cara Menyembelih Hewan Kurban

1. Sebelum mulai memotong hewan kurban, awali dengan membaca bismillah
2. Lanjutkan membaca sholawat nabi
3. Ketika memotong, pastikan hewan dan orang yang melakukan penyembelihan menghadap kearah kiblat. Hewan dibaringkan di atas lambung sebelah kiri dengan posisi leher menghadap ke kiblat.
4. Ketika memotong sembari membaca takbir sebanyak tiga kali dan tahmid sekali
5. Membaca doa menyembelih hewan kurban
6. Gunakan alat potong yang tajam agar tidak menyiksa hewan
7. Sembelih dengan memutuskan tiga saluran utama di leher, yaitu saluran napas, saluran makanan, dan pembuluh darah. Atau bisa dengan memotong tenggorokan, kerongkongan dan dua urat nadi di bagian leher hewan.***

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News