Temuan Fosil Reptil Mirip Buaya Usia 237 Juta Tahun di Brasil

Ilustrasi - Temuan Fosil Reptil Mirip Buaya Usia 237 Juta Tahun di Brasil. (Unsplash)

HALOJABAR.COM – Para peneliti telah menemukan fosil reptil kecil yang mirip buaya dan hidup sekitar 237 juta tahun lalu di Brasil. Penemuan ini memberikan wawasan baru tentang periode Trias, zaman sebelum dinosaurus pertama muncul.

BACA JUGA: Penemuan Langka: Fosil Embrio Dinosaurus di Telur Berusia 72 Juta Tahun

Penemuan dan Karakteristik Fosil

Fosil ini dinamai Parvosuchus aurelioi dan ditemukan oleh tim paleontolog Brasil yang dipimpin oleh Rodrigo Muller dari Federal University of Santa Maria, Rio Grande do Sul. Hasil temuan ini dipublikasikan dalam jurnal Scientific Reports pada Juli 2024.

Parvosuchus aurelioi adalah reptil kecil dengan panjang sekitar satu meter yang berjalan dengan empat kaki. Fosil yang ditemukan terdiri dari tengkorak lengkap, sebelas tulang belakang, panggul, dan beberapa tulang tungkai.

Ditemukan di bagian selatan Brasil, fosil ini menunjukkan bahwa Parvosuchus merupakan bagian dari keluarga Gracilisuchidae, yang sebelumnya hanya diketahui dari Argentina dan China. Nama Parvosuchus berarti “buaya kecil,” menggambarkan bentuk tubuhnya yang menyerupai buaya modern meskipun termasuk spesies yang berbeda.

Wawasan Baru tentang Kehidupan Reptil

Prasejarah Parvosuchus aurelioi hidup pada masa inovasi evolusioner yang besar, tepat setelah kepunahan massal terbesar di Bumi sekitar 252 juta tahun lalu. Pada masa ini, berbagai kelompok reptil bersaing untuk mendominasi ekosistem yang baru terbentuk.

Parvosuchus adalah bagian dari garis keturunan Pseudosuchia, yang kemudian mencakup kelompok buaya. Kehadiran Gracilisuchidae dalam periode ini menunjukkan keragaman evolusioner dan persaingan antara berbagai kelompok reptil sebelum dinosaurus menjadi dominan.

Menurut Rodrigo Muller, penemuan ini mengungkap betapa beragamnya kehidupan reptil sebelum dominasi dinosaurus. Sebagai predator darat, Parvosuchus memberikan petunjuk tentang struktur ekosistem prasejarah dan bagaimana kelompok-kelompok reptil awal ini beradaptasi dan bersaing dalam lingkungan yang berubah.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News