Tips dan Trik Menjaga Knalpot Motor dari Karat

Menjaga Knalpot Motor dari Karat
Tips Menjaga Knalpot Motor dari Karat/Unsplash

HALOJABAR.COM – Salah satu bagian motor yang paling rentan terhadap karat adalah knalpot.

Hal ini karena knalpot terbuat dari logam dan sering terpapar air, baik dari hujan maupun genangan, yang lambat laun akan memicu munculnya karat.

Namun, tidak perlu khawatir jika knalpot motor Anda mulai berkarat.

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah ini, dan beberapa di antaranya bisa dilakukan sendiri di rumah.

Berikut adalah cara-cara untuk menghilangkan karat pada knalpot motor yang dapat Anda coba.

BACA JUGA: 3 Cara Membuat Knalpot Racing Menjadi Lebih Adem

1. Menggunakan Baking Soda

Anda tidak perlu membeli cairan penghilang karat yang mahal karena Anda bisa menggunakan bahan yang ada di dapur, yaitu baking soda.

Caranya cukup mudah. Pertama, campurkan baking soda dengan air perasan jeruk nipis hingga membentuk pasta.

Setelah itu, oleskan pasta tersebut pada permukaan knalpot yang berkarat. Biarkan selama beberapa saat agar campuran tersebut meresap, lalu bersihkan dengan kain kering. Ulangi proses ini beberapa kali hingga karat benar-benar hilang.

2. Memanfaatkan Minuman Bersoda

Cara lain yang efektif untuk menghilangkan karat adalah dengan menggunakan minuman bersoda. Anda bisa membeli minuman bersoda di toko terdekat.

Caranya, oleskan minuman bersoda tersebut langsung ke permukaan knalpot yang berkarat dan biarkan selama sekitar 15 menit.

Setelah itu, gunakan sikat gigi kawat untuk menggosok karat dari knalpot. Lakukan berulang kali hingga karat hilang. Terakhir, bilas knalpot dengan air bersih dan lap hingga kering.

BACA JUGA: Ini Batas Maksimal Kebisingan Knalpot untuk Motor

3. Menggunakan Oli Bekas

Oli bekas juga bisa digunakan untuk menghilangkan karat pada knalpot. Caranya adalah dengan menghidupkan mesin motor dan membiarkan knalpot menjadi benar-benar panas. Setelah itu, oleskan oli bekas ke seluruh bagian knalpot yang berkarat.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News