Waspada! 5 Kebiasaan Ini Dapat Merusak AC Mobil

Kebiasaan Ini Dapat Merusak AC Mobil
Ilustrasi AC Mobil., (Pexels)

HALOJABAR.COMAC mobil adalah salah satu komponen vital untuk kenyamanan berkendara, terutama di cuaca panas. Namun, banyak dari kita tanpa sadar melakukan kebiasaan yang bisa mempercepat kerusakan AC mobil.

AC yang rusak tidak hanya mengurangi kenyamanan berkendara tetapi juga bisa membuat kantong jebol karena biaya perbaikannya yang tidak murah. Berikut beberapa kebiasaan buruk yang harus dihindari agar AC mobil tetap awet.

BACA JUGA: Ini Beberapa Penyebab AC Mobil Jadi Kurang Dingin

1. Menyetel Suhu AC Terlalu Dingin

Menyalakan AC pada suhu sangat rendah dalam waktu lama dapat membebani kompresor dan komponen lainnya, sehingga membuat AC cepat rusak. Sebaiknya, atur suhu AC sesuai kebutuhan dan sesuaikan secara bertahap dengan kondisi sirkulasi udara di dalam mobil.

2. Membiarkan Jendela Terbuka Saat AC Menyala

Membiarkan jendela terbuka saat AC menyala memaksa AC untuk bekerja ekstra keras karena harus mendinginkan udara panas dari luar yang masuk. Ini dapat mempercepat kerusakan kompresor dan komponen lainnya. Pastikan jendela tertutup rapat saat AC sedang digunakan.

3. Merokok di Dalam Mobil

Asap rokok mengandung banyak zat berbahaya yang dapat mencemari kabin mobil dan menyumbat filter AC. Ini akan mengurangi kinerja AC dan membuat filter AC lebih cepat kotor. Untuk menjaga kebersihan udara dalam kabin dan keawetan AC, sebaiknya hindari merokok di dalam mobil.

4. Memarkir Mobil di Bawah Sinar Matahari Langsung

Memarkir mobil di bawah sinar matahari langsung dalam waktu lama membuat suhu kabin menjadi sangat panas. Ini memaksa AC bekerja lebih keras saat mobil dinyalakan, sehingga kompresor dan komponen lain lebih cepat rusak. Usahakan untuk memarkir mobil di tempat teduh atau menggunakan penutup mobil jika harus diparkir di bawah sinar matahari.

5. Menyalakan AC Saat Mobil Berkecepatan Tinggi

Menyalakan AC saat mobil melaju dengan kecepatan tinggi dapat membahayakan kompresor AC. Putaran mesin yang tinggi saat mobil melaju kencang membuat kompresor AC bekerja lebih keras, yang dapat mempercepat kerusakannya. Sebaiknya, nyalakan AC saat mobil dalam keadaan berhenti atau melaju dengan kecepatan rendah.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News