Wisata  

Yuk Wisata Tradisonal ke Sentra Keramik Kiaracondong, Ini Alamat Lengkapnya

sentra keramik kiaracondong

KOTA BANDUNG, HALOJABAR.com – Sentra Keramik kini hadir di Kota Bandung, lokasinya terletak di JL. Stasiun Kiaracondong Lama, No. 96, Kel, Kebun Jayanti, Kec. Kiaracondong, Kota Bandung. Bagi warga Bandung yang ingin pengalaman baru dengan wisata tradisional bisa mengunjungi sentra keramik Kiaracondong.

Sentra keramik ini telah berdiri sejak 1991. Saat ini sudah generasi ketiga yang mengelola kerajinan khas dari tanah liat ini. Dikdik, nama pemilik sentra keramik Kiaracondong menceritakan perjalanan jatuh bangun kondisi usahanya.

“Dulu, di sini ada 30 pengrajin. Tapi sekarang sisa satu, saya saja. Mungkin karena lemah dalam persaingan atau tidak memahami produksinya,” ujar Dikdik.

Dalam sebulan, ia bisa menghasilkan 15 kubik produk keramik. Mulai dari guci besar sampai suvenir kecil.

“Ukuran besar per harinya itu sekitar 8 buah. Sementara yang diameter kecilnya itu 4 buah. Tapi banyak lagi apa ada ruangan yang kecil-kecilnya diisi sama yang lebih kecil lagi,” ucapnya.

Hal menarik selama perjalannya di dunia tembikar adalah saat masa pandemi. Di kala sebagian besar usaha merumahkan pekerjanya, bahkan sampai gulung tikar, usaha keramik Dikdik melesat pesat.

Permintaan keramik pun membludak. Sampai tak ada stok barang di rumah produksinya. Bahkan, keramik yang agak cacat pun tetap laku terjual.

“Mungkin karena saat pandemi itu orang-orang mencari kesibukan lain. Salah satunya jadi banyak yang hobi menanam. Makanya penjualan pot itu semakin banyak. Ini seumur-umur saya usaha keramik, baru pernah seperti itu kondisinya,” ungkapnya.

Ia mengungkapkan, dulu permintaan yang paling banyak itu pemesanan guci dan cendera mata. Namun, sekarang banyak permintaan pot bunga dengan motif yang sedang tren berupa bunga.

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News