5 Alasan Mengapa Kunci Keyless Tidak Bisa Berfungsi dan Cara Merawatnya

cara merawat keyless motor
Ilustrasi - keyless untuk kendaraan. (Pexels)

HALOJABAR.COMKeyless merupakan teknologi yang telah diterapkan pada berbagai merek motor terbaru. Dengan teknologi ini, menghidupkan motor menjadi lebih mudah karena cukup menggunakan remote dan memutar knop di kunci kontak.

Meskipun sangat membantu, seringkali kunci keyless ini mengalami masalah tiba-tiba. Ada beberapa penyebab ketidakberfungsian kunci keyless. Simak penjelasan mengenai kunci keyless berikut ini.

BACA JUGA: Yamaha MX King 2024: Bebek Kencang dengan Sentuhan Modern dan Fitur Keyless Entry

1. Baterai Lemah

Penyebab yang umum adalah baterai di dalam kunci keyless sudah habis atau melemah. Jika baterai habis, transmitter tidak dapat terhubung dengan Electronic Control Module (ECM) pada motor. Akibatnya, motor tidak dapat dinyalakan seperti biasanya.

2. Kotoran pada Kunci

Kotoran juga dapat menyebabkan kunci keyless pada motor tidak berfungsi. Jika tombol power kotor, akan timbul masalah pada kunci, sehingga kebersihan kunci sangatlah penting. Setelah membersihkan kunci, coba nyalakan mesin motor. Jika masih tidak dapat dinyalakan, kemungkinan kunci keyless tidak berfungsi karena kotoran.

3. Gangguan Sinyal

Gangguan sinyal juga merupakan penyebab umum ketidakberfungsian kunci keyless. Pantulan atau pancaran gelombang dari antena televisi atau ponsel adalah sumber gangguan pada sinyal transmitter. Gangguan sinyal dari remote ke kontrol keyless akan menyebabkan kunci tidak berfungsi. Hindarilah area yang terdapat Base Transceiver Station (BTS) untuk menghindari gangguan sinyal.

4. Terkena Air

Kunci keyless yang terendam air juga dapat menyebabkan ketidakberfungsian. Kadang-kadang orang lupa mengeluarkan kunci dari saku, sehingga kunci ikut tercuci bersama pakaian. Jika terendam air dalam waktu lama, efeknya adalah kerusakan total dan kunci tidak dapat digunakan untuk menghidupkan motor.

BACA JUGA: Tips Merawat Smart Key Agar Tidak Cepat Rusak

5. Perawatan Kunci Keyless

Beberapa cara untuk merawat kunci keyless agar tetap berfungsi dengan baik antara lain:

  • Menjaga dan melakukan pengecekan secara rutin terhadap baterai kunci keyless.
  • Menghindari area-area yang dekat dengan pemancar sinyal.
  • Mematikan kunci keyless jika tidak digunakan dalam waktu yang cukup lama.

Itulah beberapa penyebab dan cara merawat kunci keyless agar tetap berfungsi dengan baik. Penting untuk selalu memperhatikan kunci motor agar terhindar dari masalah yang tidak diinginkan.***

Exit mobile version