Apa Itu Mobil Hatcback? Berikut Penjelasan dan Kelebihannya

mengenal apa itu mobil hatchback
Ilustrasi - Mengenal istilah mobil hatchback. (Pexels)

HALOJABAR.COM – Honda Jazz telah menjadi favorit di hati pecinta mobil di Indonesia, tetapi tahukah kamu bahwa mobil ini sebenarnya adalah jenis mobil hatchback?

Jika kamu masih bingung tentang apa itu mobil hatchback dan seringkali keliru mengidentifikasikannya dengan mobil kecil lainnya seperti city car atau LCGC, ayo kenali lebih lanjut tentangnya di bawah ini!

BACA JUGA: Terbaru, Daihatsu Ayla, Mobil Hatchback Baru dengan Pilihan Mesin Bensin dan Fitur Menarik di Indonesia

1. Apa itu mobil hatchback?

Mobil hatchback merupakan jenis mobil compact yang juga dikenal sebagai ‘two-box’. Istilah ini merujuk pada dua komponen utama pada mobil hatchback, yaitu bagian mesin dan kabin penumpang yang menyatu dengan bagasi.

Karena bagasi ini memiliki volume yang lebih kecil dan menyatu dengan kabin penumpang di bagian belakang, mobil jenis ini tidak memiliki ekor seperti mobil lainnya. Ciri khas dari mobil hatchback adalah bagian belakangnya yang tidak ‘berekor’.

2. Dimensinya yang kompak dengan desain yang stylish

Mobil hatchback memiliki dimensi yang cukup kecil jika dibandingkan dengan mobil MVP atau SUV. Mobil ini biasanya dapat mengangkut sekitar 4 hingga 5 orang saja. Bagasi yang kecil ini dapat diperluas dengan cara melipat kursi belakang. Salah satu ciri khas lain dari mobil ini adalah desainnya yang stylish dan dinamis. Dimensi yang compact dan desain yang stylish ini banyak disukai oleh kaum muda.

3. Perbedaan antara mobil hatchback dan mobil city car

Banyak yang mengira mobil hatchback sama dengan mobil city car karena keduanya memiliki dimensi yang compact. Namun, sebenarnya ada beberapa perbedaan antara keduanya, seperti:

  • Luas kabin: Luas kabin pada mobil hatchback sedikit lebih besar daripada pada mobil city car.
  • Penyematan mesin: Mobil hatchback biasanya dilengkapi dengan mesin berkapasitas sekitar 1.500 cc, sedangkan mobil city car memiliki kapasitas mesin yang lebih kecil.
  • Fitur dan harga: Mobil hatchback umumnya dilengkapi dengan fitur-fitur yang lebih lengkap dan memiliki harga yang lebih tinggi daripada mobil city car.

BACA JUGA: MINI Electric: Hatchback Listrik dengan Desain Ikonik dan Performa Impresif

4. Kelebihan mobil hatchback

Mobil hatchback memiliki beberapa kelebihan yang membuatnya diminati, antara lain:

  • Desainnya yang stylish dan up to date: Desain mobil hatchback selalu terlihat stylish dan tidak ketinggalan zaman, karena banyak ditujukan untuk target pasar yang selalu ingin mengikuti tren.
  • Bentuknya yang compact mempermudah bermanuver dan mencari tempat parkir: Dimensi yang kecil memudahkan mobil hatchback untuk bermanuver di jalanan yang sempit dan mencari tempat parkir yang sempit.
  • Performa mesin bertenaga dan konsumsi bahan bakar yang irit: Meskipun memiliki mesin yang bertenaga, mobil hatchback tetap memiliki konsumsi bahan bakar yang irit.

Itulah penjelasan tentang apa itu mobil hatchback. Apakah salah satu jenis mobil favoritmu?***

Exit mobile version