Berniat Membeli Mobil Bekas? Ikuti Beberapa Tips Berikut Ini

Tips membeli mobil bekas (Pixabay)

HALOJABAR.COM- Di zaman sekarang, membeli mobil bekas sudah menjadi salah satu pilihan ketika ingin mempunyai mobil. Pasalnya, kita bisa mendapatkan harga yang miring ketika membeli mobil bekas.

Bahkan beberapa showroom menyediakan fasilitas cicilan untuk membeli mobil bekas. Dalam membeli mobil bekas, terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan. Hal tersebut sangat perlu dilakukan agar Anda tidak menyesal setelah membeli mobil bekas.

Berniat membeli mobil bekas? Terdapat beberapa tips yang bisa Anda ikuti saat akan membeli mobil bekas. Kalau begitu, apa saja tipsnya? Simak ulasan selengkapnya di bawah ini.

Tips Membeli Mobil Bekas

Merangkum dari berbagai sumber, berikut ini beberapa tips membeli mobil bekas yang bisa Anda lakukan.

1. Cek Status Kendaraan

Tips pertama membeli mobil bekas adalah Anda perlu mengecek status dari kendaraan tersebut. Hal ini sangat perlu Anda lakukan saat akan membeli mobil bekas.

Beberapa hal yang perlu Anda perhatikan adalah kecocokan data yang tertera di STNK, BPKB, dan kendaraan itu sendiri. Selain itu, ada baiknya Anda mencari informasi mengenai status mobil tersebut di kantor Samsat.

Kini Anda sudah bisa melakukan pengecekan kendaraan secara online dengan bermodalkan nomor polisi. Caranya adalah dengan mengunjungi website atau situs remis Samsat daerah Anda.

-Blokir Jual

Status kendaraan yang cukup umum muncul ialah blokir jual. Maksud dari blokir jual adalah pemilik sebelumnya telah melapor ke Samsat bahwa mobilnya telah dilepas. Tujuan dari hal ini adalah untuk menghindari pajak progresif saat akan memiliki mobil baru.

Mobil tidak akan bisa dibayarkan pajaknya kecuali pemilik yang baru melakukan balik nama. Sebenarnya, mobil dengan status blokir jual masih aman untuk Anda beli. Namun, dengan catatan Anda harus segera melakukan balik nama ketika kendaraan sudah di tangannya.

Exit mobile version