Hadirnya Kereta Cepat Whoosh Bisa Dongkrak Wisatawan ke KBB Selama Libur Nataru

wisatawan kbb nataru
The Great Asia Africa, salah satu objek wisata di Lembang, KBB, yang ramai dikunjungi wisatawan. (Adi Haryanto/HALOJABAR.COM)

HALOJABAR.COM – Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud), Kabupaten Bandung Barat (KBB) memprediksi angka kunjungan wisatawan pada libur Natal dan Tahun Baru (Nataru) tahun ini akan mengalami peningkatan dibanding tahun lalu.

“Kami optimistis kunjungan wisatawan pada libur Nataru ini akan meningkat karena waktunya cukup panjang dan banyak pekerja yang mengambil cuti hingga Tahun Baru nanti,” kata Kepala Disparbud, KBB, Panji Hermawan, Sabtu 23 Desember 2023.

Menurutnya kemudahan akses menjadi salah satu faktor wisatawan khususnya dari Jakarta masih banyak yang akan berkunjung ke KBB terutama Lembang. Apalagi sekarang juga sudah beroperasi kereta cepat Whoosh sehingga bisa mengurangi waktu tempuh dari Jakarta-Bandung.

BACA JUGA: Wisatawan Serbu Kawasan Lembang, Polisi Sebut Kepadatan Kendaraan Naik 25 Persen

Berdasarkan data yang tercatat di Disbudpar KBB, kunjungan wisatawan pada tahun 2022 selama empat triwulan mencapai 4.469.184. Dengan rincian, triwulan satu 345.789, triwulan dua 498.782, triwulan tiga 30.905 dan triwulan empat 3.572.

“Seiring membaiknya ekonomi dan mobilitas warga yang semakin mudah dan banyak pilihan, maka kami berharap bisa mendongkrak angka kunjungan wisatawan,” ucapnya.

Dikatakannya, KBB menjadi salah satu wilayah yang kerap dikunjungi oleh wisatawan lokal maupun mancanegara di kawasan Bandung Raya selain Kota Bandung dan Kabupaten Bandung. Tercatat kunjungan wisatawan mancanegara pada tahun 2022 mencapai 21.241.

BACA JUGA: Wisatawan Serbu Kawasan Lembang, Polisi Sebut Kepadatan Kendaraan Naik 25 Persen

Oleh karenanya, lanjut Panji, dengan adanya kereta Whoosh diharapkan menjadi salah satu faktor yang mendongkrak meningkatnya kunjungan wisatawan. Sehingga akan berdampak baik pada perekonomian masyarakat dan meningkatnya PAD.

“Sebelum pandemi COVID-19 sektor pariwisata menjadi andalan bagi PAD KBB. Sekarang pasca pandemi, wisata sudah kembali bergairah dan semoga bisa terus pada tren positif,” tukasnya.***

Exit mobile version