Kunjungi Pasar Sederhana, Mendag Tegaskan Harga Pangan Sudah Sesuai HET

harga pangan
Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan kunjungi Pasar Sederhana, Kita Bandung tinjau harga pangan. (Ekitriana/halojabar.com)

HALOJABAR.COM– Menteri Perdagangan (Mendag) Zulkifli Hasan mengatakan harga pangan yang sebelumnya mengalami kenaikan, saat ini sudah mulai sesuai dengan Harga Eceran Tertinggi (HET) di sejumlah pasar di Indonesia.

Menteri yang kerap disapa Zulhas itu menegaskan harga pangan terutama beras medium sudah mengalami penurunan. Hal tersebut disampaikan saat melakukan kunjungan kerja ke Pasar Sederhana, Pasteur, Kecamatan Sukajadi, Kota Bandung, pada Rabu 27 September 2023.

Bahkan dibeberapa komoditas seperti, bawang putih, bawang merah, cabe merah, cabe rawit, ayam, hingga telur turun hingga dibawah HET yang ditentukan pemerintah beberapa waktu lalu.

BACA JUGA: Pj Gubernur Jabar Tinjau Operasi Pangan di Cianjur, Berhasil Tekan Kenaikan Harga Beras

Dalam kunjungannya, ia mengakui saat ini beras medium sudah berada di harga Rp 11.000. Meskipun demikian untuk beras premium masih relatif tinggi.

“Tadi kita dengar, harga sudah enggak naik lagi. Stabil, bahkan cenderung mulai turun dikit-dikit. Beras medium di Rp 11.000 kg paling tinggi,” kata Zulkifli Hasan kepada awak media, di Pasar Sederhana, Kota Bandung, pada Rabu, 27 September 2023.

Penurunan tersebut, kata Zulhas salah satunya juga dipengaruhi dengan gencarnya gerakan Operasi Pangan (OP) yang dilakukan pemerintah.

“Karena ada bansos operasi pasar yang digencarkan, baik dari Wali Kota, Bupati, (Badan Urusan Logistik) Bulog, (Badan Pangan Nasional) Bapanas. Enggak hanya pusat saja, juga semuanya,” Katanya.

Zulhas juga merincikan bahan pangan yang harganya di bawah HET. Seperti bawah putih di Rp 35.000 per kg, cabe merah Rp 60.000 per kg, dan cabe Rawit Rp 40.000 per kg. Ia mengatakan jika harga dibawah HET nantinya akan berpengaruh kepada kesejahteraan para petani.

Exit mobile version