Ragam  

Lelah dan Perubahan Iklim Bikin Tifoid, Lawan dengan Senjata Obat yang Tepat ini

Lelah dan Perubahan Iklim Bikin Tifoid, Lawan dengan Senjata Obat yang Tepat ini
Ilustrasi Lelah dan Perubahan Iklim Bikin Tifoid, Lawan dengan Senjata Obat yang Tepat ini (pixabay)

HALOJABAR.COM – Tifoid, yang lebih sering dikenal sebagai tipes, adalah sebuah penyakit yang disebabkan oleh bakteri Salmonella typhi. Bakteri ini dapat menginfeksi tubuh melalui makanan atau minuman yang terkontaminasi. Selain gejala tidak nyaman, tipes juga bisa berujung fatal jika tidak segera ditangani dengan benar.

Namun, kita tidak perlu khawatir, karena dokter dapat meresepkan beragam obat yang efektif untuk melawan infeksi bakteri ini. Yuk, mari kita eksplorasi lebih dalam tentang obat-obatan tipes yang umumnya diresepkan.

Antibiotik: Senjata Utama Melawan Tipes

Karena tipes disebabkan oleh infeksi bakteri, senjata utama dalam perang melawan penyakit ini adalah antibiotik. Antibiotik bekerja dengan dua cara yang efektif, yakni membunuh bakteri atau menghentikan pertumbuhan bakteri.

Dalam pengobatan tipes, dokter biasanya akan meresepkan antibiotik, seperti:

1. Ciprofloxacin (Cipro)
Di Amerika Serikat, Ciprofloxacin sering digunakan untuk orang dewasa yang tidak sedang hamil. Obat serupa yang disebut ciprofloxacin juga tersedia. Sayangnya, beberapa strain bakteri Salmonella typhi di Asia Tenggara telah menjadi resisten terhadap jenis antibiotik ini.

2. Azitromisin (Zithromax)
Obat antibiotik ini dapat diresepkan jika pasien tidak dapat menggunakan ciprofloxacin atau jika bakteri tersebut resisten terhadapnya. Zithromax bekerja dengan cara menghentikan bakteri dalam membuat protein.

3. Ceftriaxone
Antibiotik ini berbentuk suntik dan digunakan sebagai alternatif untuk infeksi yang lebih serius atau rumit, serta pada pasien yang tidak cocok untuk ciprofloxacin, misalnya anak-anak. Ceftriaxone termasuk dalam kelompok antibiotik sefalosporin yang mencegah bakteri membangun dinding sel.

Rekomendasi Obat Tipes yang Tersedia di Apotek

Selain obat-obatan yang hanya bisa didapatkan dengan resep dokter, terdapat juga beberapa rekomendasi obat tipes yang bisa kamu beli di apotek tanpa resep, seperti:

Exit mobile version