Persiapan Jelang Pilkada 2024, Tiga Parpol di KBB Deklarasi Kesepahaman Siap Koalisi

parpol pilkada kbb 2024
Tiga parpol di KBB, yakni PKS, Partai Demokrat, dan PDIP berkomitmen menjajaki koalisi kesepahaman sebagai langkah awal persiapan dalam menghadapi Pilkada 2024. (Foto: Dok. PKS)

HALOJABAR.COM – Mengusung komitmen untuk melakukan pembenahan selama lima tahun ke depan, tiga partai politik (parpol) di Kabupaten Bandung Barat (KBB) sepakat menjalin kesepahaman bersama jelang Pilkada 2024.

Tiga parpol peraih kursi di parlemen DPRD KBB yang menggelar deklarasi kesepahaman jelang Pilkada 2024 itu, adalah Partai Keadilan Sejahtera (PKS), Partai Demokrat, dan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP).

“Deklarasi kesepahaman yang sudah terbangun sebagai upaya persiapan menjelang Pilkada KBB 2024,” kata Ketua DPD PKS KBB, Acep Hud Syalahudin, Jumat 10 Mei 2024.

BACA JUGA: Pendaftaran lewat Jalur Independen di Pilkada KBB 2024 Diprediksi Sepi Peminat, Ini Penyebabnya

Acep mengatakan, deklarasi juga bagian dari upaya ketiga partai ini dalam meningkatkan kerja sama pada fungsi dan tugas legislatif dalam mewujudkan cita-cita pemekaran KBB. Khususnta bagaimana menjalankan program pembangunan lima tahun ke depan.

Kerja sama antar parpol harus dilakukan dalam menghadapi kompleksitas persoalan di KBB. Mengingat politik itu sifatnya dinamis, terkadang parpol bersaing berhadapan tapi di lain waktu bisa sama-sama bersanding.

“Ini mencerminkan semangat kolaborasi partai politik yang diperlukan dalam menghadapi tantangan bersama-sama,” imbuhnya.

Disinggung soal calon yang akan diusung ketiga partai ini, dia menyebutkan untuk saat ini belum spesifik membicarakan tentang calon. Tahapannya baru menyepakati hal-hal yang berkaitan dengan persiapan Pilkada. Kemungkinan hal itu baru akan dilakukan pada MoU kedua selanjutnya.

BACA JUGA: Besok Dibuka, Ini Syarat Maju sebagai Calon Independen di Pilkada KBB 2024

“Sekarang kita menyiapkan rumahnya dulu sambil menyiapkan pengantinnya. Kalau tempat sudah merenah, tinggal nanti calon yang menempatinya disiapkan,” kata dia.

Sementara itu Ketua DPC PDIP KBB, Ida Widaningsih mengatakan, semangat deklarasi tersebut yakni kebersamaan dalam membangun KBB. Partainya selalu membuka peluang bagi semua partai untuk bekerja sama dalam membangun koalisi.

Exit mobile version