Resep Seblak Kuah Pedas untuk Hidangan Lebaran Idul Fitri

Resep dan cara membuat Seblak yang lezat.

HALOJABAR.COM – Seblak sudah menjadi makanan favorit bagi orang yang menyukai pedas. Seblak adalah masakan khas Sunda yang berasal dari wilayah Parahyangan dengan cita rasa gurih dan pedas. Terbuat dari kerupuk yang terdiri dari bawang putih dengan kencur.

Seblak mulai populer sekitar tahun 2000an yang berasal dari Garut yang sudah ada sebelum jaman kemerdekaan di wilayah Parahyangan, dulu dinamakan Kurupuk Leor (karena teksturnya yang ngaleor atau lemas).

Namun yang membedakan seblak dengan makanan sejenisnya adalah seblak pada umumnya menggunakan kerupuk oren dengan bumbu cikur atau khas Sunda dan disajikan dengan kuah pedas.

Seblak kini menjadi makanan jajanan jalanan yang digemari berbagai kalangan masyarakat, terutama di wilayah pulau Jawa bagian barat.

Seiring berkembangnya tren jajanan tradisional dan kaki lima, seblak tidak hanya disajikan dengan isian aslinya.

Seblak berkembang menjadi makanan yang modern dan berhasil menarik perhatian. Makanan yang bertekstur kenyal ini memiliki rasa yang pedas dan menyegarkan, serta memiliki beberapa variasi, baik rasa maupun bahan tambahan juga kemasan penjualan.

Saat lebaran, selain bakso, seblak juga merupakan jajanan yang paling bayak diburu. Untuk membuat seblak kuah pedas yang lezat, berikut resepnya.

Bahan-bahan :

– 2 ons makaroni

– 2 ons kerupuk

– 3 buah sosis

– 4 buah bakso

– 5 buah cabai (sesuai selera)

– 7 siung bawang merah

– 3 siung bawang putih

– 1 ruas kencur

– 2 butir kemiri

– 1 butir telur

– Sawi hijau secukupnya

– Kol secukupnya

– Garam, kaldu bubuk, gula pasir secukupnya

– Minyak goreng secukupnya

Cara membuat :

1. Makaroni dan krupuk rendam dengan air panas tunggu sampai lembek, angkat dan tiriskan.

Exit mobile version