Satpol PP Tertibkan PKL di Alun-alun Bandung, Pindah ke Area Basement

PKL Alun-alun Bandung direlokasi ke area basement.

HALOJABAR.COM– Pemerintah Kota (Pemkot) Bandung mengerahkan Satpol PP untuk menertibkan Pedagang Kaki Lima (PKL) di kawasan Alun-alun Bandung, untuk dipindahkan ke Jalan Dalem Kaum, di area basement.

Kepala Satpol PP Kota Bandung, Rasdian Setiadi memastikan per hari ini, seluruh PKL di kawasan Jalan Dalem Kaum telah dipindahkan ke area basement. Menyusul hampir rampungnya basement tersebut.

“Sudah ‘clean and clear”. Kami memindahkan PKL ini ke kawasan basement,” kata Rasdian dari rilis yang diterima HALOJABAR.COM, pada Kamis, 7 Desember 2023.

Adapun penataan PKL di kawasan Alun-alun Bandung dilakukan mengingat adanya regulasi, terkait kawasan Jalan Dalem Kaum merupakan zona merah PKL.

Dengan demikian, kegiatan berjualan di kawasan tersebut dilarang. Selain itu, aspek administrasi juga sudah dilakukan Pemkot Bandung dalam rangkaian penataan ini.

“Pemkot juga sudah beri solusi. Memindahkan para PKL ke kawasan basemen. Di sana sudah ditata, mana area kuliner, mana area non kuliner,” katanya.

Rasdian mengatakan, Satpol PP Kota Bandung akan menertibkan PKL yang masih berjualan di zona merah pasca-relokasi ini.

BACA JUGAPengukuhan Dewan Kerajinan Nasional Daerah Dihadiri Pejabat Pemkot Bandung

“Kami bukan melarang. Silakan saja para PKL berjualan, tetapi berjualan lah di lokasi yang ditentukan. Kami sosialisasikan juga kepada masyarakat (pengunjung kawasan Alun-alun), jika ingin berbelanja, silakan berbelanja di area yang ditentukan (area basement). Dengan begitu, pengunjung dan pedagang bertransaksi di tempat yang lebih nyaman, estetika kota terjaga, regulasi pun tidak dilanggar,” ujarnya.

Untuk diketahui, kawasan Alun-alun menjadi salah satu target penataan PKL akhir 2023 ini. Selain Alun-alun, kawasan lainnya yang menjadi prioritas antara lain PKL Tegalega.

Saat ini instalasi fasilitas di kawasan basement Alun-alun masih terus berproses. Pemkot Bandung memastikan, pada Desember ini kawasan baru PKL di Alun-alun ini bisa segera diresmikan. ***

Exit mobile version