5 Manfaat Minum Teh di Pagi Hari, Salah Satunya Dapat Mengurangi Kadar Kolesterol

Secangkir teh celup (Unsplash/TeaCora Rooibos)

HALOJABAR.COM- Bukan hanya sekedar minuman, ternyata teh memiliki beberapa manfaat ketika meminumnya di pagi hari.

Sudah sejak lama masyarakat Indoensia sudah memiliki kebiasaan untuk meminum teh di pagi hari.

Tidak hanya dikonsumsi pribadi, teh juga sering kita sajikan untuk tamu atau saat sedang menggelar hajat.

Melansir dari laman akurat.co, teh termasuk dalam minuman yang mengandung kafeina, sebuah infusi yang dibuat dengan cara menyeduh daun, pucuk daun, atau tangkai daun yang dikeringkan dari tanaman Camellia sinensis dengan air panas.

Teh terbagi menjadi beberapa jenis, diantaranya adalah teh hitam, teh hijau, teh putih, teh oolong, dan teh puer. Teh hitam dan teh hijau merupakan jenis yang paling banyak dikonsumsi oleh masyarkat Indonesia.

Manfaat Minum Teh di Pagi Hari

Banyak yang belum tahu bahwa teh sangat bermanfaat bagi tubuh apabila dikonsumsi dengan takaran yang jelas. Idealnya, teh diminum sebanyak 2-3 cangkir per hari.
Namun Anda perlu menghindari penggunaan gula dan bahan tambahan terlalu banyak karena dapat mengurangi khasiat dari teh itu sendiri.

Manfaat minum teh untuk pengobatan dan kesehatan telah ada selama ribuan tahun yang lalu. Menurut riset European Journal of Preventive Cardiology menyebutkan bahwa orang yang teratur minum teh berisiko lebih rendah mengalami penyakit kardiovaskular aterosklerotik atau meninggal sebelum waktunya karena penyebab apapun, terutama stroke.

Teh biasanya disajikan dalam keadaan hangat dan diminum saat pagi hari. Selain untuk menghangatkan tubuh, terdapat beberapa manfaat teh ketikan diminum saat pagi hari.
Berikut ini kumpulan manfaat minum teh di pagi hari.

1. Meningkatkan Metabolisme

Kandungn polifenol pada teh hitam, oolong, dan hijau dapat meningkatkan pengeluaran kalori dan mengurangi lemak tubuh. Menariknya, teh ternyata menghasilkan satu jenis lemak, yaitu lemak coklat.

Exit mobile version