BREAKING NEWS! Gempa Berkekuatan 7,5 dan 6,6 Magnitudo Guncang Taiwan, Guncangannya Terasa Hingga Jepang

Ilustrasi gempa bumi (Tumisu/Pixabay)

HALOJABAR.COM- Peristiwa gempa bumi berkekuatan 7,5 dan 6,6 magnitudo mengguncang Taiwan, pada Rabu 3 April 2024, tadi pagi. Gempa tersebut mengguncang Taiwan sebanyak dua kali, dengan selang waktu yang tidak terlalu lama.

Baca Juga: Gempa Guncang Banten pada Minggu Malam 25 Februari 2024, Terasa hingga Bandung

Gempa pertama terjadi pada pukul 08.58 waktu setempat, atau 06.58 WIB yang berkekuatan 7,5 magnitudo. Kurang dari 15 menit berselang, gempa kedua menyusul pada pukul 09.11 waktu setempat atau 07.11 WIB, dengan kekuatan 4 magnitudo.

Baca Juga: Breaking News! Gempa Bumi Berkekuatan 3,2 Magnitudo Mengguncang Kabupaten Bandung

Menurut data Badan Meteorologi Jepang, gempa tersebut memiliki kedalaman yang sangat dangkal. Namun, bencana tersebut pun terasa di beberapa wilayah Jepang. Diantaranya adalah Pulau Okinawa, Yaeyama dan Miyako, Jepang Selatan.

Baca Juga: Rumah Warga di Cisarua KBB Rusak Parah Akibat Guncangan Gempa Sumedang

Bahkan, peringatan tsunami dikeluarkan untuk wilayah tersebut pasca gempa terjadi. Pasalnya, otoritas memaparkan bahwa diperkirakan gelombang tsunami setinggi tiga meter bakal melanda wilayah Miyako dan Yaeyama.

Baca Juga: Selain Sesar Cileunyi-Tanjungsari, Penyebab Gempa Sumedang Diduga dari Sesar Tampomas

Selain itu, gelombang tsunami tersebut pun diprediksi bakal mencapai wilayah Okinawa pada sekitar pukul 10.00 waktu setempat (08.00 WIB). Hingga tulisan ini dimuat, belum ada laporan mengenai kerusakan atau korban jiwa akibat gempa.***

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News