Inilah Program Unggulan Posyandu Multifungsi Rancamaya Ciamis

KAB. CIAMIS, HALOJABAR.COM – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Provinsi Jawa Barat Atalia Praratya Kamil mengapresiasi keberadaan Posyandu Multifungsi Rancamaya di Desa Kawali, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis.

Menurut Atalia, Posyandu Multifungsi Rancamaya terintegrasi dengan POS PAUD, PIK-KRR (Pusat Informasi Konsultasi Kesehatan Reproduksi Remaja), BKR (Bina Keluarga Remaja), BKL (Bina Keluarga Lansia), POSBINDU (Pos Pembinaan Terpadu), Lembur Berseka, dan Bank Sampah.

Ia berharap inovasi tersebut bisa melahirkan generasi penerus bangsa yang sehat dan cerdas.

Selain itu, Atalia menuturkan, keberadaan inovasi tersebut juga harus disertai dengan pola asuh, pola makan, dan lingkungan yang sehat (sanitasi).

“Hari ini kita terus memperjuangkan kesehatan balita kita agar tumbuh sehat dan cerdas. Ada tiga hal yang harus kita pantau, yakni dengan pola asuh, pola makan, dan sanitasi,” ucap Atalia saat mengunjungi Posyandu Multifungsi Rancamaya yang merupakan rangkaian Siaran Keliling (Sarling) Jabar di Kabupaten Ciamis, Rabu (26/10/2022).

“Bagaimana kita berjuang bersama untuk membuat anak sehat, lingkungan harus ikut mendorong. Saya bersyukur sekali Posyandu Multifungsi Rancamaya dapat membantu,” tambahnya.

Atalia pun menjelaskan program unggulan dari Posyandu Multifungsi Rancamaya, di antaranya Program Kancing Baju (Kader Cegah Stunting) dan Ibu Cedas (Generasi Maju).

“Inovasi yang keren, dan di Posyandu ini kadernya masih muda harus menjadi contoh bagi yang lainnya,” tuturnya.

Setelah meninjau Posyandu Multifungsi Rancamaya, Atalia mengunjungi PAUD Al-Hidayah di Desa Kawali.

Ia membacakan dongeng bertajuk “Mia dan Ikan Goreng” bersama Ketua Pokja PAUD Jawa Barat Wahyu Mijaya di hadapan puluhan anak PAUD.

Atalia berujar, mendongeng bisa menstimulus daya imajinasi anak dalam memecahkan masalah.

“Betul tadi disampaikan, bahwa mendongeng ¬†adalah satu hal penting dalam mengasah imajinasi dalam kehidupan kita,” ucapnya. (RLS)

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News