Masuki Musim Hujan, Ini Cara Aman Berkendara Saat Cuaca Tak Bersahabat

Masuki Musim Hujan, Ini Cara Aman Berkendara Saat Cuaca Tak Bersahabat
Freepik

HALOJABAR.COM¬†–¬†Hujan deras yang disertai angin kencang di Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, Bekasi (Jabodetabek), dan wilayah lain di Indonesia menantang para pengemudi. Terbatasnya pandangan akibat hujan memerlukan kewaspadaan ekstra untuk mencegah kecelakaan lalu lintas.

Saat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) DKI Jakarta memberikan peringatan dini tentang hujan intensitas tinggi, Benny Fajarai, Co-Founder dan CMO Lifepal, berbagi tips penting untuk berkendara aman selama musim hujan.

Kurangi Kecepatan Berkendara
Berkendara dalam hujan deras dan angin kencang seringkali mengakibatkan pandangan terbatas. Penting untuk mengurangi kecepatan minimal 10 km per jam guna menjaga jarak aman dan memungkinkan berhenti dengan cepat jika diperlukan.

Bersihkan Jamur di Kaca Mobil dan Periksa Kondisi Wiper
Menanggulangi jamur di kaca mobil penting saat curah hujan tinggi. Membersihkannya memastikan air hujan dapat dibersihkan dengan baik oleh penghapus kaca. Secara rutin periksa kondisi karet penghapus dan segera ganti jika perlu. Perhatikan juga tingkat kegelapan kaca film mobil untuk menghindari penintan berlebihan.

Periksa Kondisi Ban
Aquaplaning, di mana kendaraan kehilangan cengkeraman di air bergenangan, menjadi khawatir saat hujan deras. Cek kondisi ban, pastikan umurnya sesuai, tekanan angin ban terjaga, dan ganti ban yang sudah aus atau botak. Perhatian pada kondisi ban mengurangi risiko aquaplaning.

Investasikan dalam Proteksi Komprehensif
Dengan kondisi cuaca ekstrem meningkatkan risiko kecelakaan lalu lintas, keamanan menjadi prioritas utama. Selain patuh pada peraturan lalu lintas, manfaatkan asuransi mobil sebagai langkah perlindungan untuk Anda dan kendaraan. Asuransi mobil, khususnya polis All Risk, mencakup risiko finansial terkait kerusakan kecil maupun besar.

***

Follow dan baca artikel terbaru dan menarik lainnya dari HaloJabar di Google News